This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 07 Februari 2012

SOAL TEORI KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF


SOAL TEORI KEJURUAN OTOMOTIF 
1.       Fungsi suspensi adalah seperti dibawah ini, kecuali

a.       Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
b.       Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
c.        Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
d.       Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
e.        supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin

2.       Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid adalah sebagai berikut, kecuali

a.       Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain
b.       Membutuhkan sedikit tempat
c.        Titik berat kendaraan dapat lebih rendah, sehingga aman dan nyaman     untuk kendaraan
d.       Daya pemegasan dapat lebih lembut
e.        Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan

3.       Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar adalah sebagai berikut, kecuali..

a.       Pegas kopling lemah.
b.       Drag lager lemah.
c.        Kontak permukaan disc rusak
d.       Clutch disc habis.
e.        Torsion rubber

4.       Dibawah ini adalah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali
a.       Master silinder kopling.
b.       Silinder kopling .
c.        Pipa hidrolik
d.       Pegas pengendali pedal kopling.
e.        Pedal kopling

5.       Sebutkan type gigi kemudi seperti gambar di bawah

a.       Bola bersirkulasi
b.       Roll dan cacing
c.        mur baut bersirkulasi
d.       rak dan pinion
e.        Nut and worm

6.       Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion

a.       1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end
b.       1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi
c.        1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi
d.       1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel
e.        1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion

7.       Apabila kombinasi 2 roda gigi A dan B, dimana A < B, maka pernyataan berikut benar, kecuali
a. Kecepatan B terhadap A berkurang.
b. Momen B terhadap A berkurang.
c. Arah putaran berlawanan.
d. Jawaban a dan c benar.
e. Jawaban a dan c salah

8. Konstruksi synkromes terdiri dari komponen berikut, kecuali....
a.   Shifting key.
b.   Clutch hub.
c.   Lock-Up clutch.
d.   Pump impeler .
e.   Synkromes gear




9.     Sebutkan nama komponen berikut
a. 1.Pinion gear. 2.Rumah differensial. 3. Ring gear. 4. Gigi satelit.5.Gigi samping.
b. 1. Rumah differensial. 2. Ring gear. 3. Gigi satelit.4.Gigi samping.5.Pinion gear
c. 1.Pinion gear. 2. Rumah differensial. 3. Ring gear.4. Gigi samping.5.Gigi satelit
d. 1. Ring gear. 2. Gigi satelit.3.Gigi samping 4.Pinion gear. 5. Rumah differensial
e. 1.Pinion gear. 2.Rumah differensial. 3. Gigi satelit.4.Gigi samping 5. Ring gear.
10. Fungsi ring gear adalah…..
a.    Ring gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari pinion gear dan memperbesar momen.
b.    Ring gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari pinion gear.
c.     Ring gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari propeller shaft dan memperbesar momen.
d.    Ring gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari propeller shaft.
e.    Ring gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari fly well dan memperbesar momen.
11. . Dibawah ini adalah type rem tromol, kecuali
a.     Type leading and trailing
b.     Type two leading
c.     Type duo servo
d.     Trailing leading shoe
e.    Type semi - floating (PS)

12. Penyebab rem menarik kesalah satu arah adalah sebagai berikut, kecuali
a. Sepatu rem terkena oli atau gemuk
b. Piston silinder rem macet
c. Penyetelan kampas rem tidak seimbang
d. Boster rem tidak berfungsi
e. Kampas rem rusak

13. . Difinisi Camber adalah sperti dibawah ini, kecuali

 








a.     Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan
b. Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari atas kendaraan
c. Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari bawah kendaraan
d. Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari samping kendaraan
e. Kemiringan roda bagian bawah ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan

14. Difinisi toe adalah seperti dibawah ini, kecuali
 










a.    Selisih jarak antara roda depan bagian depan dengan roda depan bagian belakang jika dilihat dari atas kendaraan
     b.   Selisih jarak antara roda bagian depan dengan roda  belakang jika dilihat dari atas kendaraan
     c. Selisih jarak antara roda bagian depan dengan roda bagian belakang jika dilihat dari atas kendaraan
d. Selisih jarak antara roda bagian atas dengan roda bagian bawah jika dilihat dari atas kendaraan
    e. Selisih jarak antara roda bagian bawah dengan roda bagian atas jika dilihat dari adepan kendaraan
15. Dibawah ini adalah keuntungan axle shaft model rigid, kecuali

a. Konstruksi lebih kuat
b. Momen yang di hasilkan lebih besar
c. Cocok untuk kendaraan skala medium keatas
d. Pada saat kendaraan berjalan di jalan bergelombang lebih stabil
e. komponen lebih sederhana

16. Penyebab kebocoran oli pada poros axel belakang adalah sebagai berikut, kecuali.....

a. Permukaan oli terlalu tinggi
b.  Perapat oli aus
c. Beban kendaraan terlalu berlebihan
d. Gasket rusak
e. SAE olie tidak sesuai
17. Di bawah ini adalah bagian-bagian dari Thermostat, kecuali
  a.  Valve
  b.  Piston
  c.  Cylinder
  d.  Bypass hose
  e.  wax
18. Sirkulasi air pendingin yang menuju ke radiator,di salurkan melalui………

  a.  Upper hose
  b.  Hower hose
  c.  Bypass hose
  d.  Water jacket
  e.  Water pump
19. Bila sil 4. Top kompresi pada kijang seri 3K katup – katup yang disetel adalah
  a.  Sil 2 :   in, sil 3, ex & sil 4 : ex , in
  b.  Sil 2 :   ex, sil 3, in & sil 4 : ex , in
  c.  Sil 2 :   ex, sil 3, ex & sil 4 : ex , in
  d.  Sil 2 :   in, sil 3, in & sil 4 : ex , in
  e.  Sil 1 :   in, sil 3, in & sil 4 : ex , in

20. Letak terjadinya kebocoran kompresi oil hasil penyaluran sebelum dan sesudah di beri oil angkanya bertambah besar :
  a.  Cincin torak
  b.  Katup dan dudukan katup
  c.  Torak / piston
  d.  Perpak / perapat
  e.  Lubang busi
21. Kegiatan-kegiatan di bawah ini termasuk kegiatan pemeliharaan system pendingin kecuali :
  a.  Memeriksa ketingian air dalam radiator
  b.  Memeriksa sirkulasi air pendingin
  c.  Memeriksa tutup radiator
  d.  Memasang tali kipas
  e.  Memeriksa tutup radiator
22. Urutan pengaliran bahan bakar pada system bahan bakar diesel adalah…….
  1. Fuel tank –  fuel feed pump – fuel filter – injection pump – injection nozzle.
  2. Fuel tank– fuel filter – fuel feed pump – injection pump – injection nozzle.
  3. Fuel tank –fuel filter – injection pump – fuel feed pump –  injection nozzle.
  a.  Fuel tank – injection pump – fuel filter –  fuel feed pump – injection nozzle.
  b.  Fuel tank - fuel feed pump – injection nozzle– injection pump
23. Berikut ini adalah sifat – sifat utama solar kecuali :
A.    Berwarna kuning gelap,berbau, encer tidak mudah menyerap pada suhu normal
B.    Titik nyala 50º - 110º
C.    Berat jenis : 0,82 – 0,86
D.    Kadar belerang > 1 %
E.     Tidak nyala 40º-100º
24. Dibawah ini ciri – ciri batere yang masih baik, kecuali……….
                a)   Mempunyai berat jenis > 1,27 tiap cellnya
                b)   Tegangan > 12 Volt
                 c)   Air elektrolit diatas tanda lower tiap cellnya
                d)   Perbedaan tegangan tiap cellnya lebih dari 1 Volt.
                e)   Body tidak retak , cembung dan cekung.
25. Perbedaan berat jenis antar sel 0.040 atau lebih tindakan yang harus dilakukan adalah ......
                    a.  Tambahkan air suling agar berat jenis berkurang
                    b.  Tidak Perlu Tindakan
                     c.  Lakukan pengisian penuh, ukur berat jenis.  Bila masih dibawah 1.210 ganti baterai
                    d.  Lakukan pengisian penuh, ukur berat jenis. Bila berat jenis antar sel melebihi 0.030, setel berat jenis. Bila tidak bisa dilakukan, ganti baterai
                    e.  langsung diisi
26. Pada sistim lampu kepala yang menyala redup padahal rangkaian sudah benar, ini
diakibatkan karena
                            a.Masa menyambung tetapi tidak bersih
                              b.  Masa belum terpasang
                              c. Kabel dari relay 87 putus
                              d. Relay rusak
                              e. saklar putus
27. Komponen system lampu tanda belok yang berfungsi agar lampu mati nyala adalah…….
                       a.       Relay
                       b.       kapasitor
                       c.       Condenser
                       d.       transistor
                       e.       Flasher

28. Berapa ukuran Tahanan  Primer Coil pengapian model internal resister?

A.0,9 – 1,2 Ω
B.1,3 – 1,6 Ω
C.1,7 – 2,0 Ω
D.2,1 – 3,0 Ω
E.3,1 – 3,5 Ω
29. Ignition timming terlambat dapat disebabkan
      a.   Celah pemutus arus terlalu besar
      b.   Kontak pemutus aus
      c.   Membrane vakum advancer bocor.
      d.   Pegas sentrifugal advancer
      e.   Nok aus

30. Gambar dibawah ini menunjukan cara pemeriksaan…….
        a.                                            Kembalinya pinion
        b.                                            Dengan beban
         c.                                            Hold in coil
        d.                                            Tanpa beban
        e.                                            Pull in coil











31. Gambar dibawah ini menunjukan cara pemeriksaan……
a.     Kembalinya pinion
b.     Pull in coil
c.     Hold in coil
d.    Tanpa beban
e.     Dengan beban

32. .Pada waktu sistim pengisian berjalan  semestinya lampu  indicator pengisian yang berada dalam dasboart akan:
A.Berkedip kedip
B.Hidup
C.kadang hidup kadang mati
D.Mesin bekerja langsung lampu mati
E.Mesin bekerja sesaat kemudian lampu hidup

33. Jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah…….
a.    Tidak ada pengisian
b.    Pengisian berlebihan.
c.     Pengisian normal.
d.    Pegisian rendah
e.    Rotor terjadi kemagnetan

34. Pada waktu sistim pengisian berjalan  ternyata lampu  indicator pengisian hidup, ini berarti:
A.Alternator bekerja dengan baik
B.Alternator tidak bekerja
C.Alternator belum terpasang
D.Alternator bekerja dan  pengisian sangat kuat
E.Terjadi over load

35. Komponen Air Conditiion yang berufngsi untuk mendinginkan dan menyerap panas dari gas refrgrant yang telah ditekan oleh kompresor dinamakan.....
                a.    Condensor
                b.    Receiver
                 c.    Dryer
                d.    Evaporator
                e.    Expansion Valve


36. Saat mengalir dari Filter ke Katup ekspansi, zat pendingin kondisi……
  1. dingin dan berbentuk cair
  2. bertekanan tinggi dan berbentuk gas
  3. dingin dan berbentuk gas
  4. bertekanan tinggi dan bebentuk cair.
  5. Panas berbentuk gas

37. Gambar dibawah ini merupakan komponen-komponen karburator dari system……
    1. kecepatan
    2. idler
    3. cuk
    4. percepatan
    5. pelampung

38. Gambar dibawah adalah cara pemeriksaan……..
a.     selenoid
b.     idle
c.     needle valve
d.     pemanas PTC
e.    katup power

39. Banyaknya  udara yang masuk ke intake chamber diukur dari kevakuman di intake manifold merupakan type…….
  1. L. Jetronic
  2. D. Jetronic
  3. F. Jetronic
  4. Jetronic
  5. G. Jetronic

40. sistem injeksi bahan bakar elektronik diantaranya ada sistem bahan bakar yang komponen terdiri dari kecuali....
a.     tangki bahan bakar
b.     pressure regulator
c.     pompa bahan bakar
d.    cold start injector
e.    throttle position

LELUCON

(Berarti buang kotoran pup juga ga bisa ya ..?) "MANDI = Rp2000 KENCING = Rp500 BAB
 (PAKE KENCING) = RP2000 BAB 
(GA PAKE KENCING) = RP 1500 
ALL IN ONE = Rp3000> - UDAH DISKON " (Kalo ga salah ini di toilet terminal Tirtonadi)
"KENCING - 1000 BERAK (DIKIT BANYAK) - 2000 BANYAK BANGET - 3000 DIKIT BANGET - TAHAN DULU "
 "boker 5 KALI, GRATIS 1 KALI boker DI HARI YANG SAMA!!" Hehehe .... 
Ada juga tulisan yang kayaknya disponsori lembaga lingkungan hidup. 
Terpampang kertas hasil ngeprint: "HABIS BUANG AIR HARAP disiram" Dibawahnya ada tulisan pake pulpen.
 "GO GREEN, NOT YELLOW" 
Ada juga yang puitis: "Air beriak TANDA TAK DALAM, HABIS BERAK HARAP disiram 
Trus ada yg Tertulis rapi di tembok pakai cat: "Buanglah KOTORAN PADA TEMPATNYA
"Terus ada yang ngejawab pakai pulpen "PANTAT GUA KAGAK MUAT DI kloset!!!
"Yg menarik dibawahnya ada yang nambahin: "GOBLOK LOE INI KAN kloset JONGKOK!!!
Ada yang iseng kasar ria pakai spidol : "JANGAN BACA TULISAN INI (SELAIN MONYET)
Trus ada yg Reply dibawahnya: "MAAF BABI, Udah Telanjur BACA!
Yang ikut baca, panas ini dan nambahin .....: "UDAH DONG, MONYET DAN BABI YANG AKUR YA ...
 " Ada juga yang lain lagi: "YANG BERAK DAN KENCING GAK nyiram = ANJING" Eh Terus dibawahnya ada yang komentar ...: "KALO GA BERAK GA KENCING IKUT nyiram GIMANA?
Trus Komentar selanjutnya: "ANJING KURANG KERJAAN. .. 
Ada juga yang membingungkan seperti yang terpasang di toilet kantor. Kan ada 2 Toilet sebelah, di salah satu pintu toilet sebelah tertulis: "TOILET RUSAK JANGAN DIPAKAI" ..... 
trus lucunya di pintu toilet sebelahnya ada yg iseng nempel ditulis pake print2an: "JANGAN DIPAKAI NANTI RUSAK JUGA" ... Wkwkwk.

SOAL TEORI KEJURUAN PRODUKTIF OTOMOTIF

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UJIAN PENJAJAKAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 201 1/2012 SMK NEGERI SOAL TEORI KEJURUAN 2 Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif Kode : 1289 Waktu : 120 Menit Jenis Soal : Pilihan Ganda Jumlah Soal : 45 Soal Hari / Tanggal : Kamis/ 2 Februari 2012 Petunjuk : 1. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan menggunakan Pensil 2 B! 2. Tulis Identitas Anda pada lembar jawaban Komputer yang tersedia! 3. Laporkan kepada petugas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, naskah rusak atau jumlah soal kurang! 4. Berikan tanda ● pada salah satu pilihan jawaban yang menurut Anda paling tepat! SOAL: 1. Pada pengukuran camshaft dibawah yang menunjukkan keovalan adalah A. 1-A B. 2-A C. 1-2 D. A-B E. 1-B 2. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan pada sistem pendingin air pada mesin adalah A. Hidrometer B. Radiator cup tester C. Plastic gauge D. Dial indikator E. Conecting road aligner 3. Pada saat mesin hidup mesin terlalu panas padahal kipas pendingin bekerja normal apakah penyebabnya A. Thermostat rusak B. Sistem pendingin baik- baik saja C. Sistem pendingin bocor D. Water pump rusak E. Thermostat bekerja 4. Pada saat mesin bekerja mesin susah mencapai suhu kerja mesin dan air cepat habis, setelah dilakukan pemeriksaan menunjukkan tekanan radiator 1.2 Kg/cm2 dan tekanan tutup radiator menunjukkan tekanan 0,2 Kg/cm2 ,apakah penyebabnya A. Thermostat tidak bekerja ( menutup) B. Relief valve tidak bekerja (menutup) C. Relief Valve tidak bekerja (membuka) D. Vacum valve rusak (bocor) E. Water pump rusak 5. Sistem karburator dibawah ini angka 1-6-7-9-10 dan 12 menunjukkan A. Primary air bleder 1, float chamber, Economizer jet, idle mixture adjusting Screw, slow port, idle port B. Primary air bleder 1, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port C. Primary air bleder 2, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port D. Primary air bleder 1, primary mainjet, Economizer jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port E. Primary main air bleder, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port 6. Power piston bekerja pada saat A. Percepatan B. Beban berat C. Kecepatan tinggi jalan lurus D. Kecepatan rendah E. Kondisi Jalan turun 7. Pada saat injektor dites pada ujung nozle terjadi tetesan setelah injeksi apakah penyebabnya A. Plunyer aus B. Distance piece rusak C. Retaining nut kendor D. Pressure pin rusak E. Nedle valve aus 8. Berikut menunjukkan bahan bakar mulai tertekan dan akhir penekanan A. 1 dan 2 B. 2 dan 4 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 E. 1 dan 3 9. Langkah tune up Berikut dilakukan Pada saat mesin bensin masih dingin A. Menyetel celah katup, dan memeriksa sistem pendingin B. Saat pengapian, putaran mesin C. Saat pengapian, menyetel campuaran bahan bakar D. Putaran mesin, celah katup E. Celah katup, menyetel campuran bahan bakar 10. Pada saat top 4 katup mana sajakah yang boleh disetel A. Silinder 1 katup ex dan in B. Silinder 2 katup in C. Silinder 3 katup in D. Silinder 3 katup ex E. Silinder 4 in saja 11. Komponen no.2-6-7 dan 8 Menunjukkan A. Camshaft, push rod, rocker arm, batang katup B. Rocker arm, tapet, camshaft, push rod C. Tapet,camshaft,rocker arm, batang katup D. Push rod,cylinder head, tapet, rocker arm E. Push rod,cylinder head, batang katup, rocker arm 12. Gmbar di bawah pada bagian manakah untuk menyeteltinggi pedal kopling 13. Kerusakan yang terjadi Pada release bearing akan mengakibatkan A. Tenaga mesin berkurang B. Pemakaian bahan bakar lebih hemat C. Getaran pada body kendaraan D. Timbulnya suara abnormal E. Putaran mesin tidak stabil 14. Pada gambar berikut jumlah gigi transmisi pada roda gigi A= 8 Teeth, B= 16 Teeth, C= 4Teeth dan D= 24, bila putaran input shaft 4000 rpm, maka putaran output shaft adalah A. 60 Rpm B. 120 Rpm C. 400 Rpm D. 600 Rpm E. 800 Rpm B C 15. Pada transmisi syncrhomes susah untuk dihubungkan apakah penyebabbnya A. Counter Gear rusak B. Gigi tingkat rusak C. Poros input rusak D. Pengunci Release fork rusak E. Synchronizer ring rusak 16. Gambar dibawah ini yang menunjukkan pemeriksaan run out ring gear adalah A. 1 B. 2 C. 1 dan 2 D. 3 E. 2 dan 3 17. Pada saat melakukan pengukuran preload akhir A. Drive pinion harus sudah terpasang B. Semua komponen diferensial terpasang C. Ring gear harus terpasang D. Flens terpasang E. Syncrhomes terpasang 18. Gambar dibawah poros axel berperan hanya memutar roda saja ditunjukkann oleh gambar no A. 1 B. 2 C. 3 D. 1dan 2 E. 2 dan 3 19. Bearing cup ditunjukkan oleh no A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 20. Angka 14 pada spesifikasi ban seperti 195/70 R 14 86 H menunjukkan ... A. Lebar ban dalam Inchi B. Lebar ban dalam mm C. Aspek ratio dalam % D. Aspek ratio dalam Inchi E. Diameter pelek dalam inchi 21. Akibat tekanan ban berlebihan A. Bahan bakar menjadi lebih boros B. Kemudi berat C. Tepi ban lebih cepat aus D. Tread cepat aus E. Pada kecepatan tinggi terjadi standing wave 22. Jenis dan konstruksi rem tipe leading dan trailing pada gambar dibawah, apabila digunakan maju terus maka 23. Pada gambar di bawah untuk menyetel tinggi pedal dan gerak bebas pedal rem adalah A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 5 E. 4 dan 5 24. Gambar di bawah no 1,2,3, menunjukkan A. Ball joint, tie rod, rack B. Ball joint,pinion gear, rack C. Tie rod end,tie rod,pinion gear D. Tie rod, rack, pinion gear E. Ball joint,penutup debu,rack 25. Penyetelan backlash pada steering gear yang kurang mengakibatkan A. Free play roda kemudi tidak ada B. Kebebasan roda kemudi berlebih C. Kemudi tidak responsive D. Kemudi cenderung belok kanan E. Kemudi cenderung belok kiri 26. Saat kendaraan berjalan kemudi terlalu responsif,perlu perbaikan pada A. Kebebasan roda kemudi B. Stabilizer C. Shock absorber D. Stering Main shaft E. Stering Knuckel 27. Gambar no 6,7, dan 8 Menunjukkan A. Shock absorber,spring, lower arm B. Shock absorber, lower ball joint,spring C. Spring,ball joint,Lower arm D. Spring, Lower arm, ball joint E. Steering knuckle,upper arm, lower arm 28. Tidak termasuk perawatan suspensi independent A. Memeriksa kekencangan baut baut suspensi B. Memberikan stempet pada komponen balljoint menggunakan alat khusus (greesgun) C. Memeriksa kerataan upper arm D. Memeriksa dust cover dari kerusakan atau sobek E. Memeriksa kerja shock absorber dari kemungkinan terjadi kebocoran 29. Pada saat lampu tanda belok dinyalakan ke posisi kanan lampu depan nyala tapi redup sedangkan lampu belakang mati apakah penyebabnya A. Massa /ground putus B. Kabel putus C. Sekring putus D. Relay mati E. Massa/ground kurang 30. Untuk mengoperasikan lampu jauh ( pengendali positif), maka rangkaian harus dihubungkan melalui terminal A. 3-4-5-6-7-11 B. 3-4-5-6-7-10 C. 3-4-5-6-7-9 D. 3-4-5-6-8-9 E. 3-4-5-6-8-10 7 8 56b Dimmer swit 6 4 5 31. Pada saat kendaraan bergerak mundur lampu tanda mundur tidak menyala, setelah di periksa arus listrik dari ACC pada kunci kontak ada tetapi tidak sampai ke lampu, sedangkan lampu diperiksa tidak putus , bagian apakah yang mengalami kerusakan ,. A. Skring B. Relay C. Saklar mundur D. Combinatin swit E. Dimmer swit 32. Gambar di bawah secara berurutan no. 2,3 dan 6 adalah A. IG,L,E B. IG,N,E C. L,IG,B D. L,B,IG E. L,B,E 33. Saat mesin distart pinion gear bergerak maju dan terhubung dengan ring gear motor stater dapat berputar namun tidak mampu memutar ring gear, kemungkinan kerusakan pada A. Over running clutch B. Field coil C. Armature Coil D. Hold In coil E. Pull in coil 34. Sistem pengisian dengan regulator 2 unit, saat kunci kontak ’ON’ lampu indicator mati, perlu perbaikan pada A. Indikator lamp B. Voltage regulator C. Voltage relay D. Kunci kontak E. Altenator 35. Komponen sistem AC yang berperan untuk menyerap kandungan air yang masuk kedalam sistem dan menyaring kotoran A. Kompresor B. Receiver dryer C. Condenser D. Expansion valve E. Evapurator 36. Kondisi freon pada no 3 sampai 4 saaat mesin hidup adalah A. Cairan tekanan rendah dan temperature rendah B. Gas tekanan rendah dan temperature rendah C. Gas tekanan tinggi dan temperature tinggi D. Cairan tekanan dan temperaturnya tinggi E. Gas tekanan tinggi dan temperaturnya rendah 37. Pengukuran tekanan SISTEM AC menggunakan manifold gauge menunjukkan tekanan Lo rendah dan tekanan Hi sangat tinggi saat mesin hidup dan AC dihidupkan, saat AC dimatikan tekanan Lo tetap rendah dan Hi tetap tinggi, apakah penyebabnya A. Pipa bocor B. Evapurator rusak C. Expansion valve rusak /AC Kemasukan uap air D. Kompresor rusak E. Condenser Rusak 38. Gambar di bawah aliran sistem pengapian A. 1-2-3-4-5-6-7-8 B. 1-3-2-6-4-7-5-8 C. 1-3-2-5-4-6-7-8 D. 1-3-2-6-4-5-7-8 E. 1-3-2-6-4-7-5-8 39. Apabila pengapian terlalu maju pada pengapian konvensional, maka penyetelan dilakukan dengan cara A. Merapatkan celah platina B. Merenggangkan celah platina C. Memutar body distributor searah putaran rotor D. Memutar body distributor berlawanan putaran rotor E. Memutar rotor searah berlawanan jarum jam 40. Hasil pengukuran berat jenis baterai menunjukkan 1,260 dan temperature 0ºC, berapakah berat jenis baterai tersebut A. 1,243 B. 1,244 C. 1,245 D. 1,246 E. 2,244 41. Besarnya tegangan dan ampere Baterai charger pada saat mengisi 2 buah baterai dengan kapasitas masing-masing 12 volt 60 AH secara seri adalah A. 12 Volt/ 6 ampere B. 12 Volt/60 Ampere C. 24 Volt/ 6 ampere D. 24 Volt/ 60 Ampere E. 12 volt/ 120 Ampere 42. Kapasitas baterai yang diperoleh jika baterai dirangkai paralel seperti pada gambar berikut... A. 12 V- 100 AH A B B. 12 V- 150 AH C. 24 V- 50 AH D. 24 V- 150 AH E. 24 V- 33,3 AH 12 V 12 V 50 AH 50 AH 43. Kode 23 pada kode batere 55 D 23 L , menunjukkan A. Posisi terminal positif B. Panjang baterai C. Lebar batere D. Kemampuan batere E. Tinggi batere 44. Gambar dibawah menunjukkan komponen A. Trioda B. Regulator C. Altenator D. Capasitor E. Transistor 45. Apabila silinder 1 Usaha, silinder 3 kompresi, FO 1-3-4-2, maka silinder no 2 dan 4 adalah A. Hisap-Kompresi B. Buang-Usaha C. Kompresi-Usaha D. Buang- Hisap E. Usaha-Hisap

SOAL UJIAN TEORI KEJURUAN

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UJIAN PENJAJAKAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 201 1/2012 SMK NEGERI SOAL TEORI KEJURUAN 2 Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif Kode : 1289 Waktu : 120 Menit Jenis Soal : Pilihan Ganda Jumlah Soal : 45 Soal Hari / Tanggal : Kamis/ 2 Februari 2012 Petunjuk : 1. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan menggunakan Pensil 2 B! 2. Tulis Identitas Anda pada lembar jawaban Komputer yang tersedia! 3. Laporkan kepada petugas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, naskah rusak atau jumlah soal kurang! 4. Berikan tanda ● pada salah satu pilihan jawaban yang menurut Anda paling tepat! SOAL: 1. Pada pengukuran camshaft dibawah yang menunjukkan keovalan adalah A. 1-A B. 2-A C. 1-2 D. A-B E. 1-B 2. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan pada sistem pendingin air pada mesin adalah A. Hidrometer B. Radiator cup tester C. Plastic gauge D. Dial indikator E. Conecting road aligner 3. Pada saat mesin hidup mesin terlalu panas padahal kipas pendingin bekerja normal apakah penyebabnya A. Thermostat rusak B. Sistem pendingin baik- baik saja C. Sistem pendingin bocor D. Water pump rusak E. Thermostat bekerja 4. Pada saat mesin bekerja mesin susah mencapai suhu kerja mesin dan air cepat habis, setelah dilakukan pemeriksaan menunjukkan tekanan radiator 1.2 Kg/cm2 dan tekanan tutup radiator menunjukkan tekanan 0,2 Kg/cm2 ,apakah penyebabnya A. Thermostat tidak bekerja ( menutup) B. Relief valve tidak bekerja (menutup) C. Relief Valve tidak bekerja (membuka) D. Vacum valve rusak (bocor) E. Water pump rusak 5. Sistem karburator dibawah ini angka 1-6-7-9-10 dan 12 menunjukkan A. Primary air bleder 1, float chamber, Economizer jet, idle mixture adjusting Screw, slow port, idle port B. Primary air bleder 1, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port C. Primary air bleder 2, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port D. Primary air bleder 1, primary mainjet, Economizer jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port E. Primary main air bleder, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port 6. Power piston bekerja pada saat A. Percepatan B. Beban berat C. Kecepatan tinggi jalan lurus D. Kecepatan rendah E. Kondisi Jalan turun 7. Pada saat injektor dites pada ujung nozle terjadi tetesan setelah injeksi apakah penyebabnya A. Plunyer aus B. Distance piece rusak C. Retaining nut kendor D. Pressure pin rusak E. Nedle valve aus 8. Berikut menunjukkan bahan bakar mulai tertekan dan akhir penekanan A. 1 dan 2 B. 2 dan 4 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 E. 1 dan 3 9. Langkah tune up Berikut dilakukan Pada saat mesin bensin masih dingin A. Menyetel celah katup, dan memeriksa sistem pendingin B. Saat pengapian, putaran mesin C. Saat pengapian, menyetel campuaran bahan bakar D. Putaran mesin, celah katup E. Celah katup, menyetel campuran bahan bakar 10. Pada saat top 4 katup mana sajakah yang boleh disetel A. Silinder 1 katup ex dan in B. Silinder 2 katup in C. Silinder 3 katup in D. Silinder 3 katup ex E. Silinder 4 in saja 11. Komponen no.2-6-7 dan 8 Menunjukkan A. Camshaft, push rod, rocker arm, batang katup B. Rocker arm, tapet, camshaft, push rod C. Tapet,camshaft,rocker arm, batang katup D. Push rod,cylinder head, tapet, rocker arm E. Push rod,cylinder head, batang katup, rocker arm 12. Gmbar di bawah pada bagian manakah untuk menyeteltinggi pedal kopling 13. Kerusakan yang terjadi Pada release bearing akan mengakibatkan A. Tenaga mesin berkurang B. Pemakaian bahan bakar lebih hemat C. Getaran pada body kendaraan D. Timbulnya suara abnormal E. Putaran mesin tidak stabil 14. Pada gambar berikut jumlah gigi transmisi pada roda gigi A= 8 Teeth, B= 16 Teeth, C= 4Teeth dan D= 24, bila putaran input shaft 4000 rpm, maka putaran output shaft adalah A. 60 Rpm B. 120 Rpm C. 400 Rpm D. 600 Rpm E. 800 Rpm B C 15. Pada transmisi syncrhomes susah untuk dihubungkan apakah penyebabbnya A. Counter Gear rusak B. Gigi tingkat rusak C. Poros input rusak D. Pengunci Release fork rusak E. Synchronizer ring rusak 16. Gambar dibawah ini yang menunjukkan pemeriksaan run out ring gear adalah A. 1 B. 2 C. 1 dan 2 D. 3 E. 2 dan 3 17. Pada saat melakukan pengukuran preload akhir A. Drive pinion harus sudah terpasang B. Semua komponen diferensial terpasang C. Ring gear harus terpasang D. Flens terpasang E. Syncrhomes terpasang 18. Gambar dibawah poros axel berperan hanya memutar roda saja ditunjukkann oleh gambar no A. 1 B. 2 C. 3 D. 1dan 2 E. 2 dan 3 19. Bearing cup ditunjukkan oleh no A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 20. Angka 14 pada spesifikasi ban seperti 195/70 R 14 86 H menunjukkan ... A. Lebar ban dalam Inchi B. Lebar ban dalam mm C. Aspek ratio dalam % D. Aspek ratio dalam Inchi E. Diameter pelek dalam inchi 21. Akibat tekanan ban berlebihan A. Bahan bakar menjadi lebih boros B. Kemudi berat C. Tepi ban lebih cepat aus D. Tread cepat aus E. Pada kecepatan tinggi terjadi standing wave 22. Jenis dan konstruksi rem tipe leading dan trailing pada gambar dibawah, apabila digunakan maju terus maka 23. Pada gambar di bawah untuk menyetel tinggi pedal dan gerak bebas pedal rem adalah A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 5 E. 4 dan 5 24. Gambar di bawah no 1,2,3, menunjukkan A. Ball joint, tie rod, rack B. Ball joint,pinion gear, rack C. Tie rod end,tie rod,pinion gear D. Tie rod, rack, pinion gear E. Ball joint,penutup debu,rack 25. Penyetelan backlash pada steering gear yang kurang mengakibatkan A. Free play roda kemudi tidak ada B. Kebebasan roda kemudi berlebih C. Kemudi tidak responsive D. Kemudi cenderung belok kanan E. Kemudi cenderung belok kiri 26. Saat kendaraan berjalan kemudi terlalu responsif,perlu perbaikan pada A. Kebebasan roda kemudi B. Stabilizer C. Shock absorber D. Stering Main shaft E. Stering Knuckel 27. Gambar no 6,7, dan 8 Menunjukkan A. Shock absorber,spring, lower arm B. Shock absorber, lower ball joint,spring C. Spring,ball joint,Lower arm D. Spring, Lower arm, ball joint E. Steering knuckle,upper arm, lower arm 28. Tidak termasuk perawatan suspensi independent A. Memeriksa kekencangan baut baut suspensi B. Memberikan stempet pada komponen balljoint menggunakan alat khusus (greesgun) C. Memeriksa kerataan upper arm D. Memeriksa dust cover dari kerusakan atau sobek E. Memeriksa kerja shock absorber dari kemungkinan terjadi kebocoran 29. Pada saat lampu tanda belok dinyalakan ke posisi kanan lampu depan nyala tapi redup sedangkan lampu belakang mati apakah penyebabnya A. Massa /ground putus B. Kabel putus C. Sekring putus D. Relay mati E. Massa/ground kurang 30. Untuk mengoperasikan lampu jauh ( pengendali positif), maka rangkaian harus dihubungkan melalui terminal A. 3-4-5-6-7-11 B. 3-4-5-6-7-10 C. 3-4-5-6-7-9 D. 3-4-5-6-8-9 E. 3-4-5-6-8-10 7 8 56b Dimmer swit 6 4 5 31. Pada saat kendaraan bergerak mundur lampu tanda mundur tidak menyala, setelah di periksa arus listrik dari ACC pada kunci kontak ada tetapi tidak sampai ke lampu, sedangkan lampu diperiksa tidak putus , bagian apakah yang mengalami kerusakan ,. A. Skring B. Relay C. Saklar mundur D. Combinatin swit E. Dimmer swit 32. Gambar di bawah secara berurutan no. 2,3 dan 6 adalah A. IG,L,E B. IG,N,E C. L,IG,B D. L,B,IG E. L,B,E 33. Saat mesin distart pinion gear bergerak maju dan terhubung dengan ring gear motor stater dapat berputar namun tidak mampu memutar ring gear, kemungkinan kerusakan pada A. Over running clutch B. Field coil C. Armature Coil D. Hold In coil E. Pull in coil 34. Sistem pengisian dengan regulator 2 unit, saat kunci kontak ’ON’ lampu indicator mati, perlu perbaikan pada A. Indikator lamp B. Voltage regulator C. Voltage relay D. Kunci kontak E. Altenator 35. Komponen sistem AC yang berperan untuk menyerap kandungan air yang masuk kedalam sistem dan menyaring kotoran A. Kompresor B. Receiver dryer C. Condenser D. Expansion valve E. Evapurator 36. Kondisi freon pada no 3 sampai 4 saaat mesin hidup adalah 9 8 1 7 3 6 2 4 A. Cairan tekanan rendah dan temperature rendah B. Gas tekanan rendah dan temperature rendah C. Gas tekanan tinggi dan temperature tinggi D. Cairan tekanan dan temperaturnya tinggi E. Gas tekanan tinggi dan temperaturnya rendah 37. Pengukuran tekanan SISTEM AC menggunakan manifold gauge menunjukkan tekanan Lo rendah dan tekanan Hi sangat tinggi saat mesin hidup dan AC dihidupkan, saat AC dimatikan tekanan Lo tetap rendah dan Hi tetap tinggi, apakah penyebabnya A. Pipa bocor B. Evapurator rusak C. Expansion valve rusak /AC Kemasukan uap air D. Kompresor rusak E. Condenser Rusak 38. Gambar di bawah aliran sistem pengapian A. 1-2-3-4-5-6-7-8 B. 1-3-2-6-4-7-5-8 C. 1-3-2-5-4-6-7-8 D. 1-3-2-6-4-5-7-8 E. 1-3-2-6-4-7-5-8 39. Apabila pengapian terlalu maju pada pengapian konvensional, maka penyetelan dilakukan dengan cara A. Merapatkan celah platina B. Merenggangkan celah platina C. Memutar body distributor searah putaran rotor D. Memutar body distributor berlawanan putaran rotor E. Memutar rotor searah berlawanan jarum jam 40. Hasil pengukuran berat jenis baterai menunjukkan 1,260 dan temperature 0ºC, berapakah berat jenis baterai tersebut A. 1,243 B. 1,244 C. 1,245 D. 1,246 E. 2,244 41. Besarnya tegangan dan ampere Baterai charger pada saat mengisi 2 buah baterai dengan kapasitas masing-masing 12 volt 60 AH secara seri adalah A. 12 Volt/ 6 ampere B. 12 Volt/60 Ampere C. 24 Volt/ 6 ampere D. 24 Volt/ 60 Ampere E. 12 volt/ 120 Ampere 42. Kapasitas baterai yang diperoleh jika baterai dirangkai paralel seperti pada gambar berikut... A. 12 V- 100 AH A B B. 12 V- 150 AH C. 24 V- 50 AH D. 24 V- 150 AH E. 24 V- 33,3 AH 12 V 12 V 50 AH 50 AH 43. Kode 23 pada kode batere 55 D 23 L , menunjukkan A. Posisi terminal positif B. Panjang baterai C. Lebar batere D. Kemampuan batere E. Tinggi batere 44. Gambar dibawah menunjukkan komponen A. Trioda B. Regulator C. Altenator D. Capasitor E. Transistor 45. Apabila silinder 1 Usaha, silinder 3 kompresi, FO 1-3-4-2, maka silinder no 2 dan 4 adalah A. Hisap-Kompresi B. Buang-Usaha C. Kompresi-Usaha D. Buang- Hisap E. Usaha-Hisap