Selasa, 07 Februari 2012

SOAL TEORI KEJURUAN PRODUKTIF OTOMOTIF

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UJIAN PENJAJAKAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 201 1/2012 SMK NEGERI SOAL TEORI KEJURUAN 2 Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif Kode : 1289 Waktu : 120 Menit Jenis Soal : Pilihan Ganda Jumlah Soal : 45 Soal Hari / Tanggal : Kamis/ 2 Februari 2012 Petunjuk : 1. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan menggunakan Pensil 2 B! 2. Tulis Identitas Anda pada lembar jawaban Komputer yang tersedia! 3. Laporkan kepada petugas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, naskah rusak atau jumlah soal kurang! 4. Berikan tanda ● pada salah satu pilihan jawaban yang menurut Anda paling tepat! SOAL: 1. Pada pengukuran camshaft dibawah yang menunjukkan keovalan adalah A. 1-A B. 2-A C. 1-2 D. A-B E. 1-B 2. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan pada sistem pendingin air pada mesin adalah A. Hidrometer B. Radiator cup tester C. Plastic gauge D. Dial indikator E. Conecting road aligner 3. Pada saat mesin hidup mesin terlalu panas padahal kipas pendingin bekerja normal apakah penyebabnya A. Thermostat rusak B. Sistem pendingin baik- baik saja C. Sistem pendingin bocor D. Water pump rusak E. Thermostat bekerja 4. Pada saat mesin bekerja mesin susah mencapai suhu kerja mesin dan air cepat habis, setelah dilakukan pemeriksaan menunjukkan tekanan radiator 1.2 Kg/cm2 dan tekanan tutup radiator menunjukkan tekanan 0,2 Kg/cm2 ,apakah penyebabnya A. Thermostat tidak bekerja ( menutup) B. Relief valve tidak bekerja (menutup) C. Relief Valve tidak bekerja (membuka) D. Vacum valve rusak (bocor) E. Water pump rusak 5. Sistem karburator dibawah ini angka 1-6-7-9-10 dan 12 menunjukkan A. Primary air bleder 1, float chamber, Economizer jet, idle mixture adjusting Screw, slow port, idle port B. Primary air bleder 1, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port C. Primary air bleder 2, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port D. Primary air bleder 1, primary mainjet, Economizer jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port E. Primary main air bleder, primary mainjet, Slow jet, idle mixture adjusting screw, Idle port, slow port 6. Power piston bekerja pada saat A. Percepatan B. Beban berat C. Kecepatan tinggi jalan lurus D. Kecepatan rendah E. Kondisi Jalan turun 7. Pada saat injektor dites pada ujung nozle terjadi tetesan setelah injeksi apakah penyebabnya A. Plunyer aus B. Distance piece rusak C. Retaining nut kendor D. Pressure pin rusak E. Nedle valve aus 8. Berikut menunjukkan bahan bakar mulai tertekan dan akhir penekanan A. 1 dan 2 B. 2 dan 4 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 E. 1 dan 3 9. Langkah tune up Berikut dilakukan Pada saat mesin bensin masih dingin A. Menyetel celah katup, dan memeriksa sistem pendingin B. Saat pengapian, putaran mesin C. Saat pengapian, menyetel campuaran bahan bakar D. Putaran mesin, celah katup E. Celah katup, menyetel campuran bahan bakar 10. Pada saat top 4 katup mana sajakah yang boleh disetel A. Silinder 1 katup ex dan in B. Silinder 2 katup in C. Silinder 3 katup in D. Silinder 3 katup ex E. Silinder 4 in saja 11. Komponen no.2-6-7 dan 8 Menunjukkan A. Camshaft, push rod, rocker arm, batang katup B. Rocker arm, tapet, camshaft, push rod C. Tapet,camshaft,rocker arm, batang katup D. Push rod,cylinder head, tapet, rocker arm E. Push rod,cylinder head, batang katup, rocker arm 12. Gmbar di bawah pada bagian manakah untuk menyeteltinggi pedal kopling 13. Kerusakan yang terjadi Pada release bearing akan mengakibatkan A. Tenaga mesin berkurang B. Pemakaian bahan bakar lebih hemat C. Getaran pada body kendaraan D. Timbulnya suara abnormal E. Putaran mesin tidak stabil 14. Pada gambar berikut jumlah gigi transmisi pada roda gigi A= 8 Teeth, B= 16 Teeth, C= 4Teeth dan D= 24, bila putaran input shaft 4000 rpm, maka putaran output shaft adalah A. 60 Rpm B. 120 Rpm C. 400 Rpm D. 600 Rpm E. 800 Rpm B C 15. Pada transmisi syncrhomes susah untuk dihubungkan apakah penyebabbnya A. Counter Gear rusak B. Gigi tingkat rusak C. Poros input rusak D. Pengunci Release fork rusak E. Synchronizer ring rusak 16. Gambar dibawah ini yang menunjukkan pemeriksaan run out ring gear adalah A. 1 B. 2 C. 1 dan 2 D. 3 E. 2 dan 3 17. Pada saat melakukan pengukuran preload akhir A. Drive pinion harus sudah terpasang B. Semua komponen diferensial terpasang C. Ring gear harus terpasang D. Flens terpasang E. Syncrhomes terpasang 18. Gambar dibawah poros axel berperan hanya memutar roda saja ditunjukkann oleh gambar no A. 1 B. 2 C. 3 D. 1dan 2 E. 2 dan 3 19. Bearing cup ditunjukkan oleh no A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 20. Angka 14 pada spesifikasi ban seperti 195/70 R 14 86 H menunjukkan ... A. Lebar ban dalam Inchi B. Lebar ban dalam mm C. Aspek ratio dalam % D. Aspek ratio dalam Inchi E. Diameter pelek dalam inchi 21. Akibat tekanan ban berlebihan A. Bahan bakar menjadi lebih boros B. Kemudi berat C. Tepi ban lebih cepat aus D. Tread cepat aus E. Pada kecepatan tinggi terjadi standing wave 22. Jenis dan konstruksi rem tipe leading dan trailing pada gambar dibawah, apabila digunakan maju terus maka 23. Pada gambar di bawah untuk menyetel tinggi pedal dan gerak bebas pedal rem adalah A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 5 E. 4 dan 5 24. Gambar di bawah no 1,2,3, menunjukkan A. Ball joint, tie rod, rack B. Ball joint,pinion gear, rack C. Tie rod end,tie rod,pinion gear D. Tie rod, rack, pinion gear E. Ball joint,penutup debu,rack 25. Penyetelan backlash pada steering gear yang kurang mengakibatkan A. Free play roda kemudi tidak ada B. Kebebasan roda kemudi berlebih C. Kemudi tidak responsive D. Kemudi cenderung belok kanan E. Kemudi cenderung belok kiri 26. Saat kendaraan berjalan kemudi terlalu responsif,perlu perbaikan pada A. Kebebasan roda kemudi B. Stabilizer C. Shock absorber D. Stering Main shaft E. Stering Knuckel 27. Gambar no 6,7, dan 8 Menunjukkan A. Shock absorber,spring, lower arm B. Shock absorber, lower ball joint,spring C. Spring,ball joint,Lower arm D. Spring, Lower arm, ball joint E. Steering knuckle,upper arm, lower arm 28. Tidak termasuk perawatan suspensi independent A. Memeriksa kekencangan baut baut suspensi B. Memberikan stempet pada komponen balljoint menggunakan alat khusus (greesgun) C. Memeriksa kerataan upper arm D. Memeriksa dust cover dari kerusakan atau sobek E. Memeriksa kerja shock absorber dari kemungkinan terjadi kebocoran 29. Pada saat lampu tanda belok dinyalakan ke posisi kanan lampu depan nyala tapi redup sedangkan lampu belakang mati apakah penyebabnya A. Massa /ground putus B. Kabel putus C. Sekring putus D. Relay mati E. Massa/ground kurang 30. Untuk mengoperasikan lampu jauh ( pengendali positif), maka rangkaian harus dihubungkan melalui terminal A. 3-4-5-6-7-11 B. 3-4-5-6-7-10 C. 3-4-5-6-7-9 D. 3-4-5-6-8-9 E. 3-4-5-6-8-10 7 8 56b Dimmer swit 6 4 5 31. Pada saat kendaraan bergerak mundur lampu tanda mundur tidak menyala, setelah di periksa arus listrik dari ACC pada kunci kontak ada tetapi tidak sampai ke lampu, sedangkan lampu diperiksa tidak putus , bagian apakah yang mengalami kerusakan ,. A. Skring B. Relay C. Saklar mundur D. Combinatin swit E. Dimmer swit 32. Gambar di bawah secara berurutan no. 2,3 dan 6 adalah A. IG,L,E B. IG,N,E C. L,IG,B D. L,B,IG E. L,B,E 33. Saat mesin distart pinion gear bergerak maju dan terhubung dengan ring gear motor stater dapat berputar namun tidak mampu memutar ring gear, kemungkinan kerusakan pada A. Over running clutch B. Field coil C. Armature Coil D. Hold In coil E. Pull in coil 34. Sistem pengisian dengan regulator 2 unit, saat kunci kontak ’ON’ lampu indicator mati, perlu perbaikan pada A. Indikator lamp B. Voltage regulator C. Voltage relay D. Kunci kontak E. Altenator 35. Komponen sistem AC yang berperan untuk menyerap kandungan air yang masuk kedalam sistem dan menyaring kotoran A. Kompresor B. Receiver dryer C. Condenser D. Expansion valve E. Evapurator 36. Kondisi freon pada no 3 sampai 4 saaat mesin hidup adalah A. Cairan tekanan rendah dan temperature rendah B. Gas tekanan rendah dan temperature rendah C. Gas tekanan tinggi dan temperature tinggi D. Cairan tekanan dan temperaturnya tinggi E. Gas tekanan tinggi dan temperaturnya rendah 37. Pengukuran tekanan SISTEM AC menggunakan manifold gauge menunjukkan tekanan Lo rendah dan tekanan Hi sangat tinggi saat mesin hidup dan AC dihidupkan, saat AC dimatikan tekanan Lo tetap rendah dan Hi tetap tinggi, apakah penyebabnya A. Pipa bocor B. Evapurator rusak C. Expansion valve rusak /AC Kemasukan uap air D. Kompresor rusak E. Condenser Rusak 38. Gambar di bawah aliran sistem pengapian A. 1-2-3-4-5-6-7-8 B. 1-3-2-6-4-7-5-8 C. 1-3-2-5-4-6-7-8 D. 1-3-2-6-4-5-7-8 E. 1-3-2-6-4-7-5-8 39. Apabila pengapian terlalu maju pada pengapian konvensional, maka penyetelan dilakukan dengan cara A. Merapatkan celah platina B. Merenggangkan celah platina C. Memutar body distributor searah putaran rotor D. Memutar body distributor berlawanan putaran rotor E. Memutar rotor searah berlawanan jarum jam 40. Hasil pengukuran berat jenis baterai menunjukkan 1,260 dan temperature 0ÂșC, berapakah berat jenis baterai tersebut A. 1,243 B. 1,244 C. 1,245 D. 1,246 E. 2,244 41. Besarnya tegangan dan ampere Baterai charger pada saat mengisi 2 buah baterai dengan kapasitas masing-masing 12 volt 60 AH secara seri adalah A. 12 Volt/ 6 ampere B. 12 Volt/60 Ampere C. 24 Volt/ 6 ampere D. 24 Volt/ 60 Ampere E. 12 volt/ 120 Ampere 42. Kapasitas baterai yang diperoleh jika baterai dirangkai paralel seperti pada gambar berikut... A. 12 V- 100 AH A B B. 12 V- 150 AH C. 24 V- 50 AH D. 24 V- 150 AH E. 24 V- 33,3 AH 12 V 12 V 50 AH 50 AH 43. Kode 23 pada kode batere 55 D 23 L , menunjukkan A. Posisi terminal positif B. Panjang baterai C. Lebar batere D. Kemampuan batere E. Tinggi batere 44. Gambar dibawah menunjukkan komponen A. Trioda B. Regulator C. Altenator D. Capasitor E. Transistor 45. Apabila silinder 1 Usaha, silinder 3 kompresi, FO 1-3-4-2, maka silinder no 2 dan 4 adalah A. Hisap-Kompresi B. Buang-Usaha C. Kompresi-Usaha D. Buang- Hisap E. Usaha-Hisap

Reaksi:

3 komentar:

Anonim mengatakan...

I usually do not leave a ton of responses, however i did some searching and wound up here
"SOAL TEORI KEJURUAN PRODUKTIF OTOMOTIF". And I do
have 2 questions for you if you don't mind. Could it be simply me or does it look as if like some of these comments come across like they are written by brain dead people? :-P And, if you are posting on additional online social sites, I would like to keep up with everything fresh you have to post. Would you list of every one of all your communal sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

My web-site http://atlaslm.com

Anonim mengatakan...

Oh my goodness! Incredible article dude! Many thanks, However I am encountering issues with your RSS.

I don't understand why I cannot subscribe to it. Is there anybody else having the same RSS problems? Anyone who knows the solution will you kindly respond? Thanks!!



Buy Garcinia cambogis

Anonim mengatakan...

I'm really enjoying the theme/design of your web site. Do you ever run into any browser compatibility problems? A couple of my blog audience have complained about my site not operating correctly in Explorer but looks great in Opera. Do you have any suggestions to help fix this issue?



http://visarcana.pl/wiki/U%C5%BCytkownik:CallieCra

Feel free to visit my homepage :: Goji Berry