This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Rabu, 13 Februari 2013
"MENJELANG HARI PERNIKAHAN"
Minggu, 13 Januari 2013
JADWAL UJIAN NASIONAL SD, SMP DAN SMA/ SMK TAHUN 2013
Program Teacher Training
Syarat-syarat :
- Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SLTP, SLTA (termasuk sekolah swasta dan SMK).
- Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2013. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.
- Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2013.
- Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil)
- Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.
Fasilitas yang didapat :
- Tanpa ikatan Dinas.
- Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang.
- Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang pendaftaran.
- Tunjangan bulanan sebesar ¥ 150.000 per bulan(ada kemungkinan mengalami perubahan).
- Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.
Cara Pelamaran :
- Pendaftaran dibuka pada 19 November 2012 dan ditutup pada 25 Januari 2013.
- Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
- Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Departemen Pendidikan Nasional.
Dokumen yang diperlukan (dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima):
(dokumen yang tidak lengkap tidak akan kami terima)
- Formulir.
- Pasfoto (harus ditempel pada formulir).
- Fotokopi Ijasah dan transkrip nilai.
- Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya (beserta cap dari sekolah tersebut).
- Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar.
Tahap Penyeleksian :
- Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 11 Februari 2013.
- Ujian tertulis bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang) pada tanggal 21 Februari 2013.
- Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
- Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
- Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa.
Catatan :
- Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sini
- Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap dikirimkan keBagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 25 Januari 2013. Mohon Tuliskan kode “Teacher Training 2013” pada amplop formulir. - Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp, atau Telepon 021 – 3192 4308 ext. 175 atau 176
Kamis, 03 Januari 2013
CARA MEMBUKA USAHA PHOTO COPY
- Lokasi
- Persaingan
- Mesin
fotocopy
- Apakah
kita akan beli baru atau yang rekondisi?
- Apakah
kita beli mesin analog atau digital?
- Apakah
kita beli mesin dengan printer atau scan?
- Consumable
& spare part
- Supplies
- Layanan
- Kualitas
Minggu, 23 Desember 2012
PEMBERIAN NILAI RAPORT MURID
- Penilaian sikap (afektif), mereka atau juga para guru menilai sikap seorang siswa saat sedang mengajar dan juga saat bertemu mereka. Yang mereka nilai dari sikap adalah sopan santun, gaya bahasa, kerapian dalam berpakaian, rajin, dan tak pernah ada alfa dalam absen. Dalam penilaian sikap biasanya penilaian dengan mengunakan huruf, contoh : A (sangat baik), B (baik), C (kurang baik).
- Penilaian dalam Psikomotor, kalau ini adalah penilaian skill kemampuan kita. Biasanya para guru menilai dari praktek. Contohnya dalam melukis, berlari dalam olahraga dsb. Penilaian ini tetap memakai angka.
- Penilaian kognitif (otak). Di penilaian ini otak kita sangat di perlukan, disini kita harus bisa berpikir, menghafal, mengaplikasi, menganalisis, dsb .. mangkannya, penilaian ini banyak di dapat dari ulangan atau ujian-ujian. Penilaian ini memakai angka juga.
Dan yang paling dikagumi dari guru adalah guru hanya sedikit menilai siswa dari nilai kognitifnya karena mereka beranggapan bila di dalam ulangan siswa banyak yg tidak jujur. maka dari itu mereka lebih senang menilai ulangan siswa walaupun nilai mereka jelek, karena guru tau kalo siswa itu jujur. Tapi mereka melihat dari segi kepribadiannya juga. Kalau misalkan nilai siswa jelek dan kepribadiannya jelek maka tidak ada bantuan buat mereka.
Jadi jangan beranggapan guru itu jelek ya, gara-gara merekalah kita bisa sukses....
Selasa, 18 Desember 2012
PRIBADI SEORANG GURU
Mengajar merupakan perilaku yang universal, di mana semua orang dapat melakukannya. Namun tidak semua orang mampu menjadi guru (pengajar) yang baik bagi orang yang diajarnya.
Seorang guru harus menjadi orang yang sempurna di hadapan anak didiknya. Karena guru tidak hanya dilihat dari segi keilmuannya saja, tapi mencakup segala aspek kehidupannya, pola pikirnya, dan tingkah lakunya.
Bukan sesuatu yang mustahil bila seseorang akan mengikuti atau meniru apa yang dilakukan gurunya. Berangkat dari hal ini, maka seorang guru harus selalu memperhatikan dan menjaga dirinya dari hal-hal yang dapat merusak citranya sebagai seorang guru.
Guru, selain memiliki tingkat keilmuan yang tinggi juga harus memiliki akhlak dan jiwa yang baik. Guru tidak hanya mengajarkan anak-anak didiknya ilmu-ilmu yang tercantum dalam kurikulum sekolah saja, tapi juga membina perilaku mereka. Dan ini akan terjadi bila guru tersebut merupakan sosok yang patut ditiru dan dapat dijadikan teladan.
Seorang guru harus menyadari, bahwa mengajar memiliki sifat yang sangat kompleks karena melibatkan aspek psikologis, pedagogis, dan didaktis secara bersamaan. Namun guru bukanlah nabi ataupun malaikat, akan tetapi dia layaknya manusia biasa yang tak sempurna dan memiliki kehidupan pribadi dengan segudang permasalahan. Meski begitu, ia harus selalu tampil prima dan baik di hadapan semua orang (anak didik) mengingat guru merupakan seorang panutan.
Telah disinggung di atas, semua yang berkaitan dengan guru selalu menjadi bahan sorotan. Sorotan itu tidak hanya pada hal-hal yang kelihatan saja atau sebaliknya, akan tetapi semuanya.
Hal yang paling sederhana dan dapat kita lihat serta selalu menjadi pandangan orang adalah mengenai bagaimana berpakaian. Maka cukuplah bagi seorang guru mengenakan pakaian yang pantas dan sederhana serta sesuai norma yang berlaku. Sederhana dalam berpakaian bukan berarti kuno, kucel, atau jelek. Akan tetapi sesuai, pantas, dan tentunya bersih.
Sederhana juga harus ditampilkan seorang guru dalam bagaimana ia berbicara dan bercanda. Bercanda tidak boleh terlalu berlebihan. Dalam bercanda hendaknya tidak membawa nama Allah SWT dan Rasul-Nya dan hendaknya bercanda dengan sesuatu yang benar, tidak mengundang dusta. Bercanda tidak mengandung unsur menyakiti perasaan orang lain.
Selain dari pada hal yang terlihat (lahiriyah), seorang guru yang tangguh memiliki jiwa yang kuat. Sebagaimana manusia biasa yang tak jauh dari masalah, seorang guru harus dapat mengatur hatinya agar tetap selalu dingin.
Guru dengan peran ganda memiliki masalah yang kompleks pula. Allah SWT telah memberi kunci pada kita dalam menghadapi masalah-masalah yang menggelayuti kehidupan, yaitu sabar dan shalat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. al-Baqarah: 153
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”
Dalam Q.S. ath-Thalaq: 2-3 Allah SWT berfirman:
“Barang siapa yang bertaqwa pada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakkal pada Allah, Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya.”
Sifat sabar, takwa, dan tawakkal dapat kita katakan sebagai sikap lapang dada dan tabah. Lapang dada tidak hanya dicerminkan ketika menghadapi masalah saja, akan tetapi dalam kehidupannya sehari-hari, dengan menghindarkan diri dari sifat marah yang begitu meluap dan berlebihan.
Bahkan sifat marah yang meluap-luap menyebabkan terjadinya jurang pemisah yang dalam di antara sesama manusia. Nabi Muhammad Saw bersabda: “Barang siapa memaafkan dosa seseorang, maka diampuni dosanya oleh Allah. Barang siapa yang memaafkan orang yang sudah telanjur berbuat salah, maka Allah akan memaafkan keterlanjurannya. Barang siapa yang dapat menahan amarahnya, Allah akan memberi pahala padanya.”
Beliaupun telah mengajarkan pada kita tentang bagaimana memadamkan amarah, yaitu dengan diam dan tidak berkata-kata lagi, atau bangun meninggalkan tempat, atau duduk bila kita sedang berdiri, atau berwudhu dengan air dingin, atau mengerjakan sesuatu yang dapat melupakan amarah dan mengembalikan akal kepada ketenangan dan keseimbangan. Karena itulah seorang guru harus dapat mengatur emosinya dan terlihat tenang.
Guru adalah orang yang digugu dan ditiru. Secara sempit guru adalah orang yang mengajarkan pelajaran di sekolah, namun secara luas guru dapat diartikan semua orang yang mengajarkan segala hal di “sekolah kehidupan” (dunia) dan masing-masing kita adalah guru. Guru bagi bangsanya, guru bagi masyarakatnya, guru bagi keluarganya, guru bagi anak-anaknya, dan guru bagi dirinya sendiri. Wallahu a’alam bishshowab.
Senin, 17 Desember 2012
Do'a Untuk Kita Bersama
Ya Allah,......
Beri ketetapan hati untukku
Hati yang terbaik yang sama-sama kita lihat
Hati yang bukan saja menyejukkan dalam pandanganku
Tapi hati yang telah kau lihat sampai menembus relung kalbunya...
Allah yang Maha Kuasa,
Maha melihat masa depan,
Maha mengetahui yang akan terjadi
Engkau jua yang mengetahui keinginan terdalam hatiku
Ya Allah,...
Jika kesempurnaanku adalah bersamanya
Beri aku kekuatan untuk tetap setia
Beri aku kesabaran dalam menjalani proses menggapainya
Jika dia memang untukku...
Jangan biarkan aku menyerah & terpuruk dalam belenggu masa lalu............
Smoga kau ridhoi kami untuk bersatu
Mengarungi sisa umur...
Menapaki jalan kearah Mu...
Dan melukis keindahan untuk dunia dan akhirat kami...
Tolong beri kesabaran yang penuh...
dalam melalui detik-detik waktu yang berjalan...
Amien......
Doa ini untuk seseorang yang telah mengingatkan tentang kekuasaan-Nya, menjadikan aku kembali merindukan cinta-Nya. Terimakasih atas semua yg pernah kita lalui.....
Smoga Allah slalu membimbing & membahagiakan kita... Amien