This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 29 Januari 2012

MENENTUKAN SEBUAH GANGGUAN DI SEPEDA MOTOR


Kinerja sistem pengapian  sangat besar pengaruhnya terhadap kesempurnaan proses pembakaran didalam silinder,  dengan sistem pengapian yang baik akan diperoleh performa mesin optimal dan pemakaian bahan bakar yang hemat. Gangguan sistem pengapian pengapian konvensional pada motor bensin paling sering terjadi dibandingkan sistem lain. Gangguan sistem ini diantaranya dapat menyebabkan :
a.       Mesin tidak dapat dihidupkan
b.      Mesin sulit dihidupkan
c.       Mesin overheating
d.      Mesin knocking
e.       Terjadi ledakan di knalpot
f.        Tenaga mesin lemah
g.       Percepatan mesin lemah
h.      Mesin bergetar/ pincang
i.        Bahan bakar boros
Menentukan sumber penyebab gangguan  tersebut tidak mudah, karena gangguan tersebut tidak hanya disebabkan oleh sistem pengapian namun juga oleh sistem yang lain. Contoh  kasus mesin tidak dapat hidup,  selain sistem pengapian juga dapat disebabkan sistem bahan bakar maupun sistem kompresi motor. Tidak ada campuran bahan bakar yang masuk ke dalam silinder akibat bahan bakar di tangki habis menyebabkan mesin tidak dapat hidup, demikian juga bila kompresi mesin terlalu rendah akibat kebocoran kompresi atau putaran starter yang terlalu rendah akan menyebabkan mesin tidak dapat hidup.

Realita di lapangan sering seseorang menentukan sumber gangguan secara coba-coba atau trial and error.  Metode ini didasarkan oleh pengalaman yang sama atau mirip yang perna ia jumpai maupun pengalaman orang lain dalam mengatasi masalah. Kelemahan terbesar metode ini adalah sangat tergantung pengalaman diagnoser, bila terjadi salah diagnosis sulit dipertanggungjawabkan, beban biasanya ditanggung konsumen dan sulit terukur waktu perbaikan dengan pasti.

Kendaraan merupakan suatu hasil karya manusia yang didasarkan oleh logika dan kajian ilmiah, sehingga untuk mencari sumber gangguan yang terjadi pada suatu sistem pada kendaraan akan lebih efektif bila menggunakan metode ilmiah. 























Gambar  52   Metode dalam diagnosis

Kendaraan terdiri dari beberapa sistem, tiap sistem mempunyai fungsi  yang saling melengkapi satu dengan yang lain dalam menghasilkan fungsi utama. Tiap sistem mempunyai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga sistem dapat berfungsi. Kegagalan fungsi komponen dalam sistem dapat meyebabkan kegagalan pada sistem. Dalam mencari sumber penyebab gangguan kita harus dapat memeriksa fungsi sistem dan fungsi komponen apakah masih baik atau sudah rusak.

KONSTRUKSI BADAN KENDARAAN

Suatu benda yang bergerak didalam suatu media fluida atau sebaliknya, fluida yang bergerak melewati suatu benda, akan mengalami gaya-gaya yang bekerja. Demikian juga dengan kendaraan bermotor/ MOBIL yang bergerak melalui media udara, selain dipengaruhi oleh interaksi antara mobil dengan jalan/tanah, maka kendaraan tersebut juga akan mengalami gaya-gaya aerodinamis. Penyebab utama dari timbulnya gaya-gaya aerodinamis pada kendaraan adalah: (1) adanya distribusi tekanan pada permukaan bodi kendaraan yang akan bekerja pada arah normal pada permukaan kendaraan (2) adanya distribusi tegangan geser pada permukaan bodi kendaraan yang akan bekerja pada arah tangensial terhadap permukaan kendaraan. Apabila distribusi tekanan dan tegangan tersebut diintegralkan, maka akan tercipta dengan apa yang disebut dengan gaya angkat aerodinamis (lift force), gaya hambat aerodinamis (drag force). Sedangkan apabila kendaraan tersebut berbelok, karena bodi menerima tekanan angin dari samping maka akan timbul gaya samping aerodinamis (side force). Ketiga gaya tersebut akan bekerja pada satu titik tekanan (centre of pressure). Sedangkan pengaruh pusaran pada kolong kendaraan juga akan mengganggu jalannya kendaraan, gaya ini disebut dengan turbulence force. Demikian halnya dengan kendaraan. Kendaraan yang bergerak didalam suatu media fluida (udara) akan mengalami gaya-gaya yang bekerja pada kendaraan tersebut. Oleh karena itu, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin tidak dapat secara maksimal sampai ke roda sebagai penggerak akhir, namun tenaga yang dihasilkan mesin digunakan juga untuk melawan hambatan-hambatan saat kendaraan melaju.

Minggu, 11 Desember 2011

Macam-macam bensin

Pegertian Bensin Dan Kandungan Bensin
Bensin adalah suatu senyawa organik yang dibutuhkan dalam suatu pembakaran dengan tujuan untuk mendapatkan energi/tenaga. Bensin ini merupakan hasil dari proses distilasi minyak bumi (Crude Oil) menjadi fraksi-fraksi yang diinginkan. Bensin merupakan nama umum untuk mesin dengan pembakaran pengapian.
Bensin berasal dari bahan bakar fosil dan bahan bakar organik lainnya umumnya tersusun dari unsur-unsur C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), N (nitrogen), S (belerang), P(fosfor) dan unsur-unsur lainnya dalam jumlah kecil, namun unsur-unsur kimia yangpenting adalah C, H dan S, yaitu unsur-unsur yang jika terbakar menghasilkan kalor, dan disebut sebagai “bahan yang dapat terbakar” atau “combustible matter”. Unsur-unsur lain yang terkandung dalam bahan bakar namun tidak dapatterbakar adalah O, N, bahan mineral
Secara kimiawi kandungan utama bensin adalah senyawa hidrokarbon (CxHy), biasanya terdiri dari C4 – C12. Namun selain itu bensin juga memiliki kandungan-kandungan yang lain. Seperti Kandungan Oleffin, Parafin, kandungan aromatik dan kandungan lain sebagainya yang berpengaruh terhadap sifat-sifat dari jenis bensin itu sendiri.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis bahan bakar jenis bensin yang memiliki nilai mutu pembakaran berbeda. Nilai mutu jenis BBM bensin ini dihitung berdasarkan nilai RON (Research Otcane Number). Berdasarkan RON tersebut maka BBM bensin dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
- Premium (RON 88) : Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan (dye). Penggunaan premium pada umumnya adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti : mobil, sepeda motor, motor tempel dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.
- Pertamax (RON 92) : ditujukan untuk kendaraan yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.
- Pertamax Plus (RON 95) : Jenis BBM ini telah memenuhi standar performance International World Wide Fuel Charter (WWFC). Ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi mutakhir yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan ramah lingkungan. Pertamax Plus sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi ratio > 10,5 dan juga yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters.

BEKERJA SOHO

Istilah SOHO = Small Office Home Office, pertamakali saya ketahui dari tulisan pakar internet Onno W Purbo. SOHO mulai marak menjadi gaya hidup dan bahkan menjadi trend di negara maju karena munculnya teknologi internet. Para pelaku SOHO, mereka bekerja di rumah sendiri dengan bantuan teknologi internet, tidak terikat dengan institusi maupun perusahaaan tertentu. Mereka bekerja secara independent, sendirian dan tidak mempunyai lembaga dengan struktur yang komplek. Semua urusan dikendalikan dari rumahnya.

Bang Onno W Purbo adalah salah satu warga Indonesia yang memilih bekerja ala SOHO. Beliau meninggalkan profesinya sebagai dosen di ITB lantas memutuskan untuk bekerja di jalur alternatif ala SOHO. Kini, pekerjaan sehari-harinya adalah menulis (artikel, paper, buku) dan menjadi pembicara terkait dunia teknologi informasi (internet) di berbagai forum nasional maupun internasional. Dari pengakuannya, beliau bisa hidup layak dengan bekerja ala SOHO.

Pengalaman bekerja ala SOHO ini menjadi jalur alternatif. Keuntungannya, kita bisa mendapatkan penghasilan secara finansial dengan tetap mempunyai waktu yang banyak untuk urusan keluarga, maupun aktivitas yang lainya. Ini akan sangat berbeda dengan pola kerja orang kantoran. Mereka harus datang pagi ke kantor dan pulang sore bahkan sampai malam. Waktunya habis untuk bekerja, pulang ke rumah tinggal capeknya saja.

Nah, sekarang, dengan adanya teknologi internet ini, kita bisa bekerja dengan model yang demikian. Ini menjadi jalur alternatif bagi mereka yang tidak ingin bekerja layaknya orang kantoran. Kita bisa leluasa dan fleksibel dengan urusan pekerjaan kita. Tapi, semuanya membutuhkan keseriusan, dan ini menjadi sebuah keharusan bagi siapapun yang menggeluti bidang pekerjaannya masing masing untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Bekerja ala SOHO membutuhkan sosok specialis. Internet memungkinkan kita menjadi seorang pakar (specialis) dalam bidang tertentu tanpa harus menempuh pendidikan formal (perguruan tinggi) terlebih dahulu. Kita bisa belajar secara otodidak melalui dunia maya. Informasi di dunia maya begitu melimpah, kita bisa mendapatkan informasi yang kita perlukan untuk mendukung kerja-kerja kita.Dan, tidak akan mungkin kita akan menguasai semua bidang. Kata kuncinya adalah fokus.

Untuk itu, penentuan fokus menjadi sesuatu yang penting agar kita bisa diakui oleh masyarakat. Kita akan menjadi pakar dalam bidang apa. Setidaknya, kita mempunyai minat yang besar dalam bidang apa, itulah yang nantinya terus menerus menjadi kosentrasi kita. Misalnya, kita akan memilih untuk menjadi pakar teknologi Informasi (desain web, analis, programmer dsb), pakar manajemen, konsultas bisnis, penulis lepas dalam bidang tertentu (politik, sosial, budaya, kesehatan) dll. Pilih salah satu yang menjadi fokus kita, dan itulah bidang kerja dan profesi kita.

Semuanya terserah kepada pilihan kita masing masing, kita akan menjadi pakar dalam bidang apa..?. Untuk kearah sana, memang membutuhkan proses yang panjang. Misalnya di mulai dari ikut menyumbangkan pemikiran dalam sebuah forum diskusi (milis) menulis artikel di berbagai media sampai menuangkan gagasan pemikiran seriusnya dalam bentuk buku. Dengan usaha ini, lambat laun masyarakat akan menilai sendiri "kepakaran" yang kita miliki.Demikian sekilas mengenai gaya hidup dengan bekerja ala SOHO. Ini sekedar ide awal saja, silahkan di kembangkan sendiri, semoga bermanfaat.

Kamis, 08 Desember 2011

ujian nasional itu pembodohan massal/ peningkatan mutu belajar?

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir:
Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standard minimum pencapaian kompetensi.

nama desa yang ada di kabupaten bulungan

A
Ambalat, Sekatak, Bulungan
Anjar Arip, Sekatak, Bulungan
Antutan, Tanjung Palas, Bulungan
Apung, Tanjung Selor, Bulungan
Ardi Mulyo, Tanjung Palas Utara, Bulungan
B
Bambang, Sekatak, Bulungan
Bekiliu, Sekatak, Bulungan
Binai, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Bumi Rahayu, Tanjung Selor, Bulungan
Bunau, Sekatak, Bulungan
Bunyu Barat, Bunyu, Bulungan
Bunyu Selatan, Bunyu, Bulungan
Bunyu Timur, Bunyu, Bulungan
G
Gunung Putih, Tanjung Palas, Bulungan
Gunung Sari, Tanjung Selor, Bulungan
Gunung Seriang, Tanjung Selor, Bulungan
J
Jelarai Selor, Tanjung Selor, Bulungan
K
Karang Agung, Tanjung Palas Utara, Bulungan
Kelembunan, Sekatak, Bulungan
Kelincauan, Sekatak, Bulungan
Kelising, Sekatak, Bulungan
Kelubir, Tanjung Palas Utara, Bulungan
Kendari, Sekatak, Bulungan
Keriting, Sekatak, Bulungan
L
Lepak Aru, Peso, Bulungan
L samb.
Liagu, Sekatak, Bulungan
Long Bang Hulu, Peso Hilir, Bulungan
Long Bang, Peso Hilir, Bulungan
Long Beluah, Tanjung Palas Barat, Bulungan
Long Bia, Peso, Bulungan
Long Buang, Peso, Bulungan
Long Lasan, Peso, Bulungan
Long Leju, Peso, Bulungan
Long Lembu, Peso Hilir, Bulungan
Long Lian, Peso, Bulungan
Long Pari, Tanjung Palas Barat, Bulungan
Long Peleban, Peso, Bulungan
Long Peso, Peso, Bulungan
Long Sam, Tanjung Palas Barat, Bulungan
Long Telenjau, Peso Hilir, Bulungan
Long Tunggu, Peso Hilir, Bulungan
Long Yi'in, Peso, Bulungan
M
Mangkupadi, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Mara Hilir, Tanjung Palas Barat, Bulungan
Mara Satu, Tanjung Palas Barat, Bulungan
Maritam, Sekatak, Bulungan
Muara Pengean, Peso, Bulungan
N
Naha Aya, Peso Hilir, Bulungan
P
Pajalin, Tanjung Palas, Bulungan
Panca Agung, Tanjung Palas Utara, Bulungan
P samb.
Paru Abang, Sekatak, Bulungan
Pelaah, Peso, Bulungan
Pentian, Sekatak, Bulungan
Pimping, Tanjung Palas Utara, Bulungan
Punan Dulau, Sekatak, Bulungan
Pungit, Sekatak, Bulungan
Pura Sajau, Tanjung Palas Timur, Bulungan
R
Ruhui Rahayu, Tanjung Palas Utara, Bulungan
S
Sajau Hilir, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Sajau Pungit, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Salimbatu, Tanjung Palas Tengah, Bulungan
Sekatak Bengara, Sekatak, Bulungan
Sekatak Buji, Sekatak, Bulungan
Silva Rahayu, Tanjung Palas Tengah, Bulungan
T
Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Tanjung Agung, Tanjung Palas Timur, Bulungan
Tanjung Buka, Tanjung Palas Tengah, Bulungan
Tenggiling, Sekatak, Bulungan
Tengkapak, Tanjung Selor, Bulungan
Teras Baru, Tanjung Palas, Bulungan
Teras Nawang, Tanjung Palas, Bulungan
Terindak, Sekatak, Bulungan
Turung, Sekatak, Bulungan
U
Ujang, Sekatak, Bulungan
W
Wonomulyo, Tanjung Palas Timur, Bulungan

Rabu, 07 Desember 2011

HANDOKO, S.PD.T

lahir hair minggu pada tanggal 07 Agustus 1988 di dukuh senden, desa andong, kecamatan andong, kabupaten boyolali, provinsi jawa tengah. Tidak dilahirhan di rumah sakit, bidan maupun puskesmas. melainkan hanya di dukun bayi desa. karena disana jauh dari sarana publik. disinilah dimulai perjalanan kecil untuk memulai sebuah harapan dan penantian dari pasangan bapak sukidi dan ibu tarmi. didik di lingkungan jawa yang sangat kental, tidak terdengar kemodernisasianya. mulai sekolah di TK Batik, MIN andong, MTsN Andong, SMK Muh 2 Andong dan kemudian hijrah ke jogja untuk menimba ilmu dibangku kuliah. untuk menceritakan masa kecil saya terlalu panjang dan tak ada habisnya, karena dipenuhi dengan petualangan yang jarang pulang kerumah. Cita-cita untuk menjadi guru tidak pernah terpikirkan, tapi apa mau dikata. sekarang harus menjalani perjuangan hidup sebagai guru. ini tugas mulia yang diberikan oleh ALLAH SWT. dan inilah yang harus saya kerjakan untuk mengabdi dan mengamalkan ilmu yang saya peroleh selama sekolah maupun kuliah.