Rabu, 07 Desember 2011

SOAL Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif

Standar Kompetensi : Pemeliharaan/Servis Sistem Pengapian

A. Pilihan ganda
1. Dalam sebuah kendaraan (mobil) terdapat beberapa sistem seperti dibawah ini,system yang berfungsi untuk memercikan bunga api pada busi adalah:
a. Sistem pengapian
b. Sistem pengisian
c. Sistem pemindah tenaga
d. Sistem penerangan
e. Sistem starter
2. Berikut adalah urutan kerja dalam sistem pengapian yang benar adalah:
a. Bateray – kuncikontak – fuse – resistor – coil – distributor – busi
b. Bateray – fuse – kuncikontak – coil – distributor – busi
c. Bateray – fuse – resistor – coil – distributor – busi
d. Bateray – kuncikontak – coil – distributor – busi
e. Bateray – kuncikontak – resistor – coill – distributor – busi
3. Dibawah ini adalah komponen – komponen system pengapian,kecuali:
a. Bateray
b. Lampu
c. Distributor
d. Kondensor
e. Busi
4. Didalam coil pengapian terdapat berapa rangkaian:
a. Satu rangkaian
b. Dua rangkaian
c. Tiga rangkaian
d. Empat rangkaian
e. Lima rangkaia
5. Nama rangkaian didalam coil pengapian adalah
a. Primer
b. Sekunder
c. Resistor
d. Sekunder dan resistor
e. Primer dan sekunder

6. Didalam coil terdapat dua buah rangkaian yaitu:
a. Primer dan resistor
b. Sekunder dan resistor
c. Positif dan negative
d. Seri dan parallel
e. Primer dan sekunder
7. Coil dalam system pengapian berfungsi untuk:
a. Menaikan tegangan dari bateray
b. Menurunkan tegangan dari bateray
c. Menstabilkan tegangan dari bateray
d. Mengecilkan tegangan dari bateray
e. Mengalirkan tegangan dari bateray
8. Didalam coil dengan external resistor terdapat berapa terminal:
a. 1 teminal
b. 2 terminal
c. 3 terminal
d. 4 treminal
e. 5 terminal
9. Pada coil dengan type external resistor terdapat tiga terminal yaitu:
a. Terminal positif,negative dan R
b. Terminal positif,negative dan B
c. Terminal positif,negative dan S
d. Terminal possitif,negative dan T
e. Terminal positif,negative dan
10. Proses naiknya tegangan didalam coil sering disebut dengan proses
a. Elektrik
b. Elektrodinamik
c. Elektroinduction
d. Elektromagnetik
e. Elektronika
11. Sudut dwell adalah besarnya sudut putaran hubungan distributor saat kontak point dalam kondisi:
a. Membuka sebagian
b. Menutup sebagian
c. Membuka dan menutup
d. Membuka
e. Menutup


12. Apabila celah kontak point besar maka sudut dwell:
a. Besar
b. Kecil
c. Tetap
d. Berubah
e. Jawaban a,b,c dan d salah
13. Apabila celah kontak point kecil maka sudut dwell:
a. Besar
b. Kecil
c. Tetap
d. Berubah
e. Jawaban a,b,c dan d benar
14. Besarnya sudut dwell dapat dicari dengan rumus:
a. 100% x 360/n (n = jumlah silinder)
b. 75% x 180/n (n = jumlah silinder)
c. 60% x 180/n (n = jumlah silinder)
d. 60% x360/n (n = jumlah silinder)
e. 50% x 360/n (n = jumlah silinder)
15. Bila celah kontak point sempit maka sudut dwell besar ini berarti
a. Kontak point terbuka lebih cepat
b. Kontak point terbuka lebih lambat
c. Kontak point tetutup cepat
d. Kontak point tertutup lambat
e. Kontak point terbuka dan tertutup lebih cepat
16. Mekanisme untuk memajukan pengapian yang terdiri dari dua buah pemberat yang mempunyai titik tumpu pada bagian bawah distributor adalah:
a. Pengendali pengapian vacuum
b. Pengendali pengapian centrifugal
c. Pengendali pengapian potensial
d. Pengendali pengapian advancer
e. Jawaban a,b,c dan d benar
17. Mekanisme untuk memajukan pengapian yang terdiri atas unit diaphragma vacuum adalah:
a. Pengendali pengapian vacuum
b. Pengendali pengapian centrifugal
c. Penendali pengapian potensial
d. Pengendali pengapian advancer
e. Jawaban a,b,c dan d salah

18. Jika campuran bahan bakar kaya dan tekanan kompresi tinggi maka sewaktu disulut akan:
a. Merambat kesegala arah
b. Terbakar sebagian
c. Tidak terbakar
d. Cepat terbakar
e. Susah terbakar
19. Jika campuran bahan bakar miskin dan tekanan kompresi rendah maka sewaktu disulut akan:
a. Terbakar sebagian
b. Tidak terbakar
c. Mudah terbakar
d. Cepat terbakar
e. Lambat terbakar
20. Bila beban mesin ringan maka pembukaan throttle valve juga kecil sehingga kevacuman didalam intake manifold menjadi
a. Berkurang
b. Bertambah
c. Tetap
d. Berubah
e. Jawaban a,b,c dan d salah
21. Salah satu komponen dari system pengapian yang berfungsi menghasilkan bunga api dengan menggunakan tegangan tinggi yang dihasilkan coil adalah:
a. Bateray
b. Resistor
c. Coil
d. Distributor
e. Busi
22. Pada busi terdapat dua buah elektroda yaitu:
a. Atas dan bawah
b. Atas dan samping
c. Tengah dan samping
d. Bawah dan tengah
e. Bawah dan samping
23. Salah satu dari elektroda pada busi yang berfungsi mengalirkan arus listrik dari distributor adalah:
a. Atas
b. Tengah
c. Bawah
d. Samping
e. Jawaban a,b,c dan d salah
24. Salah satu bagian dari busi yang berfungsi untuk mencegah bocornya arus listrik tegangan tinggi adalah:
a. Konduktor
b. Regulator
c. Komutator
d. Isolator
e. Selector
25. Kemampuan meradiasikan sejumlah panas oleh busi merupakan pengertian dari
a. Nilai panas busi
b. Nilai busi
c. Kapasitas busi
d. Daya kerja busi
e. Nilai isolator busi

B. Essay
1. Jelaskan fungsi dari sistem pengapian pada kendaraan!
2. Jelaskan cara kerja Coil pengapian pada saat kontak poin tertutup dan terbuka!
3. Sebutkan komponen-komponen dari rangkaian sekunder merupakan jalur untuk arus tegangan tinggi yang ditingkatkan oleh coil!
4. Jelaskan cara kerja Vacuum advancer!
5. Gambarkan konstruksi busi lengkap dengan nama bagian-bagiannya!














Kunci jawaban

A. Pilihan Ganda
1. a 6. e 11. e 16. b 21. e
2. c 7. a 12. b 17. a 22. c
3. b 8. c 13. a 18. d 23. b
4. b 9. b 14. d 19. e 24. d
5. e 10. d 15. c 20. b 25. a

B. Essay
1. Fungsi sistem Pengapian adalah menyediakan percikan bunga api bertegangan tinggi pada busi untuk membakar campuran udara/bahan bakar di dalam ruang bakar engine.
2. Cara kerja coil pengapian pada saat:
a. Kontak poin tertutup
Arus dari baterai mengalir melalui lilitan-lilitan primer coil, membentuk medan magnit, melalui kontak poin ke masa.
b. Kontak poin tertutup
Pada saat poin-poin terbuka oleh bubungan pemutus yang berputar, aliran arus primer terputus. Medan magnit di sekitar lilitan primer coil kolap dan menyebabkan tegangan tinggi pada lilitan-lilitan sekunder. Sentakan tegangan tinggi ini ‘mendorong’ arus melalui kabel coil tegangan tinggi ke distributor dan kemudian ke busi-busi.
3. Rangkaian sekunder merupakan jalur untuk arus tegangan tinggi yang ditingkatkan oleh coil dan terdiri dari komponen-komponen berikut:
a. Lilitan Sekunder Coil
b. Rotor
c. Tutup Distributor
d. Busi-busi
4. Cara kerja vacum advancer adalah:
a. Pada saat pembukaan katup throttle kecil akan memberikan tingkat ¬kevacuuman yang tinggi pada diafragma yang mengakibatkan pelat dudukan berputar mempercepat saat pengapian.
b. Saat pembukaan katup throttle membuka semakin lebar, pengaruh kevacuuman akan menurun mengurangi pemajuan saat pengapian. Pembukaan penuh katup throttle akan memberikan tekanan udara luar (tidak ada kevacuuman) terhadap diafragma mengakibatkan tidak terjadi pemajuan saat pengapian.
5. Gambar konstruksi busi :

Reaksi:

0 komentar: