Rabu, 16 Februari 2011

kumpulan soal produktif

SOAL SEMESTER KELAS XI MO


1. Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan diagprahma spring dan dapat berputar adalah . . . .
a. flywhell c. cluth disk e. realease bearing
b. cluth cover d. realease fork.

2. Hal-hal berikut menunjukkan fungsi kopling kecuali,…
a. meneruskan tenaga dari transmisi ke propeller
b. meneruskan tenaga dari flywhell ke input shaft
c. memudahkan pemindahan perkaitan gigi percepatan
d. supaya kendaraan pada saat awal berjalan dapat berjalan dengan lembut
e. meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi

3. Jenis rem tromol mempunyai ciri jumlah selinder satu, jumlah piston dua, posisi selinder dibagian atas, kampas rem disebelah kanan dan kiri serta dipakai untuk roda belakang, adalah jenis….
a. Two leading shoe
b. Uni servo
c. Leading trailing shoe
d. Single action
e. Disc brake

4. Keunggulan rem (disc brake) piringan sebagai berikut, kecuali ….
a. Rem lebih pakem
b. Perlu tekanan yang tinggi
c. Efek radiasi panas yang baik
d. Tidak menimbulkan bunyi
e. Penggantian brake pad mudah

5. Untuk memperingan daya pengereman perlu memasang alat yang disebut ….
a. Vacuum pump
b. Brake booster
c. Brake hidrolic
d. Master selinder
e. Rem piringan

6. Komponen rem yang berfungsi untuk mengembalikan kanvas rem ke posisi
semula adalah ….
a. tension spring
b. brake shoe
c. ajuster
d. piston cup
e. wheel cylinder

7. Ciri utama master cylinder ganda adalah ….
a. mempunyai dua pegas
b. mempunyai dua tangki minyak rem
c. mempunyai dua katub keluar
d. mempunyai seal yang banyak
e. mempunyai dua piston


8. Sirkulasi air pendingin ada beberapa macam, bila pada system pendinginan
tidak dilengkapi dengan pompa air, sistim
ini disebut sirkulasi ….
a. bebas
b. uap panas
c. air dingin
d. ther mo shipon
e. tekanan

9. Dibawah ini yang merupakan alat untuk pemeriksaan kepala silinder adalah ….
a. jangka sorong dan mister baja
b. micro meter dan jangka sorong
c. micro meter dan feller gauge
d. feller gauge dan jangka sorong
e. feller gauge dan mistar baja


10. Dibawah ini yang bukan termasuk jenis rem hidrolik adalah :
a. Leading trailing
d. Duo servo
b. Uni servo e. Hand Brake
c. Two leading single action

11












12. Gambar pada soal no.2 termasuk unit kopling jenis :
a. Kopling gesek kering
b. Kopling hidrolik
c. Kopling magnit
d. Kopling pegas diagprahma
e. Kopling gesek plat banyak

13. Baterai adalah alat elektrokimia yang digunakan untuk mensuplai berbagai kebutuhan kelistrikan pada kendaraan.. untuk mengisi baterai yang masih kosong diperlukan ….
a. air suling c. air aqua e. accu zur
b. air accu d. elektrolit

14. Dibawah ini adalah alat yang digunakan untuk memeriksa berat jenis elektrolit (air accu) pada baterai adalah . . . .
a. Hidrometer c. Thermoneter e. water pass
b. Hitrometer d. Micrometer

15. Baterai mempunyai kapasitas 40 Ahdengan berat jenis air aki 1,6.Waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai dengan pengisian lambat adalah ..
a. 5 jam c. 8 jam e. 12 jam
b. 6 jam d. 10 jam

16.Di bawah ini termasuk komponen sistem pengapian , kecuali . . . .
a. Rotor c. Distributor e. sprak plug
b. Stator d. Kondensator

17. FO untuk mobil 4 selinder adalah . . . .
a. 1- 4 – 3 – 2 c. 1 – 3 – 2 – 4 e. 1 – 2 – 4 – 3
b. 1 – 4 – 2 – 3 d. 1 – 3 – 4 – 2

18. Busi yang ujung insulatornya pendek disebut . . . .
a. Busi panas c. Busi medium e. Busi pijar
b. Busi dingin d. Busi panas-dingin

19. Komponen yang digunakan untuk memutarkan poros engkol pertama kali sehingga didapatkan kompresi dan percikan bunga api pada busi adalah . . . .
a. komutator c. motor wiper e. alternator
b. Motor winkel d. motor starter.

20 Ignition swith dihubungkan dengan terminal . . . . pada motor starter
a. 85 c. 87 e. 50
b. 86 d. 30

21. Field coil motor starter dililitkan pada . . . .
a. yoke c. pole core e. pinion
b. armature d. brush

22. Komponen motor starter yang berfungsi untuk mempertahankan kemagnetan
pada saat motor starter bekerja adalah
a. field coil c. rotor coil e. nold in coil
b. stator coil d. pull in coil

23. . Bahan utama brush pada motor starter adalah . . . .
a. besi c. kuningan e. karbon
b. tembaga d. aluminium

24. Berikut ini mana urutan langkah yang benar dari mekanisme kopling
hidrolik,
a. Pedal kopling-master silinder kopling-release silinder-release fork-release bearing-cluth cover
b. Pedal kopling-release fork-release silinder-cluth cover-master silinder kopling-release bearing
c. Master silinder kopling-cluth cover-release silinder-release bearing-pedal kopling-release fork
d. Pedal kopling-release silinder-release fork-release bearing-master siinder kopling-cluth cover
e. Master silinder kopling-release bearing-release fork-pedal kopling-cluth cover-releas silinder
25. Pada suhu berapa termostat membuka ...
a. 50 - 80˚C d. 60 - 70˚C
b. 70 - 85˚C e. 75 - 85˚C
c. 80 - 90˚C

26. Alat untuk mengukur tekanan radiator ...
a. Termometer d. Micrometer
b. Multimeter e. Hidrometer
c. Radiator Cap Tester
27. Menurut Neraca Panas, panas yang diserap oleh sistem pendingin sebesar ...
a. 34 % d. 25 %
b. 32 % e. 35 %
c. 30 %
28.






Apa nama bagian dari Water Pump pada angka 3 ...
a. Pulley d. Gasket
b. Bearing e. Kipas
c. Seal
29. Yang termasuk komponen Sistem Pendingin adalah, Kecuali ...
a. Radiator d. Termostat
b. Water Pump e. Reservoir
c. Pompa bensin
30. sudut dwell untuk mesin 3 silinder adalah ............
a 54° ± 2°
b 45° ± 2°
c 72° ± 2°
d 36° ± 2°
e 10° ± 2°

31. Di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari komponen mekanisme katup jenis OHC adalah.
a. Cam shatf dan rocker arm d. Cam shaft dan return spring
b. Lifter dan push rod e. Valve dan rocker arm
c. Valve dan return spring


32. Dibawah ini adalah keuntungan sistem pengapian elektronik kecuali ...........
a Tidak menggunakan kontak poin
b Tidak memerlukan perawatan kontak poin
c Sudut Dwell ditetapkan oleh unit pengapian
d Saat pengapian kurang tepat
e Api yang dihasilkan besar

33. Yang bertugas membagikan (mendistribusikan) arus tegangan tinggi yang dihasilkan (dibangkitkan) oleh kumparan sekunder pada ignation coil ke busi pada tiap-tiap selinder sesuai dengan urutan pangapian adalah ........
a kondensor
b kapasitor
c distributor
d alternator
e kabel busi

34. Adanya pelumas yang masuk pada sistem pendinginan, diakibatkan oleh
a Naiknya tekanan oli
b Permukaan selinder yang tidak rata
c Turunnya tekanan pelumasan
d Suhu pelumas tinggi
e Penurunan viscositas pelumas

35. Untuk menaikkan titik didih cairan pendingin, pada sistem pendinginan mesin perlu dilengkapi dengan
b Pompa air (water pump)
c Thermostat
d Radiator core
e Radiator cup
f Ventilator

36. Bagian dari system pendingin mesin yang berfungsi mengatur sirkulasi air ke dalam mesin adalah…
a Kondernsor
b Thermostat
c Radiator
d Kompresor
e Selang radiator

37. Berikut ini adalah bagian-bagian dari system pengapian konvensional kecuali…
a Koil
b Distributor
c Platina
d busi
e Alternator

38. Bagian dari system pengisian yang berfungsi untuk mengatur tegangan pengisian…
a Regulator
b Distributor
c Generator
d Alternator
e Platina

39. Kumparan primer pada koil menghasilkan tegangan ………
a. 6 – 14 volt d. 10 – 25 K volt
b. 10 - 25 volt e. 12 volt
c. 200 – 350 volt

40. Sentrifugal advancer berfungsi...............
a Untuk memajukan pengapian yang diperlukan saat putaran engine naik.
b Untuk memajukan pengapian yang diperlukan saat terjadi kevakuman
c Untuk menambah puratan mesin
d Untuk memajukan rotor distributor
e Menstabilkan rotor

41. Di dalam sistem pengapian, koil berfungsi sebagai
a. Menaikkan tegangan rendah baterai menjadi tegangan tinggi pada sistem pengapian..
b. Merubah tegangan tinggi pada sistem pengapian menjadi tegangan rendah baterai..
c. Untuk mendistribusikan arus ke busi
d. Menyimpan sementara arus yg mengalir ke platina
e. Sebagai pemutus dan penyambung arus

42. Dalam rangkaian sirkuit primer pada sistem pengapian arus mengalir dari :
a. Baterai --> kunci kontak --> primer koil --> kontak pemutus --> kondensator --> massa
b. Baterai --> primer koil --> kontak pemutus --> kondensator --> massa.
c. Baterai --> primer koil --> kontak pemutus --> kondensator --> massa.
d. Baterai --> skunder koil --> kontak pemutus --> kondensator --> massa.
e. Baterai --> primer koil --> koil skunder --> kondensator --> massa.

43. Pada sistem pengapian konvensional, kontak pemutus berfungsi sebagai :
a. Menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari baterai ke sirkuit primer
b. Mempercepat pemutusan arus primer sehingga tegangan induksi yang ditimbulkan pada sirkuit sekunder tinggi.
c. Menghubungkan dan memutuskan arus primer agar terjadi induksi tegangan tinggi pada sirkuit sekunder sistem pengapian
d. Membatasi loncatan bunga api diantara celah kontak pemutus pada saat kontak pemutus mulai membuka.
e. Menghubungkan dan memutuskan sirkuit sekunder agar terjadi loncatan bunga api pada busi sangat besar

44. Cara kerja sistem pengapian baterai pada saat kunci kontak "on" kontak pemutus menutup, maka arus akan mengalir dari :
a. Baterai --> kunci kontak --> kumparan primer koil --> kontak pemutus massa, sehingga terjadi pembentukan medan magnet pada inti koil.
b. Baterai --> kunci kontak --> kumparan sekunder koil --> rutor --> kabel tegangan tinggi pada busi --> busi --> massa, sehingga terjadi loncatan bunga api pada busi.
c. Baterai --> kunci kontak --> kumparan primer koil --> massa, sehinggakontak pemutus diparalel dengan kondensator terjadi pembentukan medan magnet pada inti koil.
d. Baterai --> kunci kontak --> kumparan primer koil --> kontak pemutus --> massa, sehingga arus primer terputus dengan cepat dan terjadi loncatan bunga api pada busi
e. Baterai --> kunci kontak --> kumparan skunder koil --> kontak pemutus --> massa, sehingga arus primer terputus dengan cepat dan terjadi loncatan bunga api pada busi



45. Sebelum menghidupkan atau mengoperasikan mesin, maka hal yang perlu diperiksa adalah ….
a. air pendingin dan minyak pelumas
b. sistim katup
c. sistim pengapian
d. sistim pengisian
e. sistim starter


46. Setelah mesin hidup, maka yang perlu diperiksa adalah tersebut dibawah ini,
kecuali ….
a. tekanan pelumas melalui indikator
b. pengisian baterai melalui indikator
c. temperatur air melalui indikator
d. suara knalpot
e. lampu-lampu

47. Pada altenator bagian/komponen yang berputar dinamakan . . . .
a. armature c. stator coil e. hold in coil
b. field coil d. rotor oil

48. Stator coil berfungsi untuk. . . .
a. membangkitkan kemagnetan pada altenator
b. mengatur besar kecilnya arus pengisian altenator
c. menghasilkan arus bolak balik (AC)
d. menghasilkan arus searah (DC)
e. menyearahkan arus

49. Untuk menyearahkan arus bolak balik (AC) pada altenator dipasangkan . . . .
a. amplifier c. equalizer e. resistor
b. rectifier d. voltage relay

50. Bagian system pengapian yang dapat difungsikan sebagai pembagi arus
adalah

a. kondensor d. radiator
b. distributor e. kondensor
c. separator


SOAL ESSAY

1. Apa yang anda ketahui tentang :
a. FO : 1 – 3 – 4 – 2
b. Konduktor h. Alternator
c. Isolator i. Multimeter
d. Kondensor j. Volt meter
e. Distributor
f. Separator
g. Regulator

2. Gambarkan sistem pengapian baterai pada mobil 4 tak 4 selinder lengkap dengan keterangan gambar
3. Jelaskan cara kerja unit kopling pegas diagprahma.?
4. Gambarkan dan jelaskan rangkaian system pengisian alternator.!

5. Sebutkan komponen utama dan fungsi dari system pendinginan air. Jelaskan bagaimana cara kerja system pendinginan air pada kendaraan ?

Reaksi:

3 komentar:

wayne downey mengatakan...

salut untuk anda, tidak disangka anda berkembang sepesat ini.

Handoko S.Pd.T mengatakan...

wah ya gak gitu tho don, biasa wae...

Anonim mengatakan...

It's going to be finish of mine day, except before end I am reading this great paragraph to improve my knowledge.

Check out my web page ... todomariovargasllosacomes