Jumat, 18 Februari 2011

soal sistem suspensi

Select the one correct, best, or most probable answer to each question.

1. Perhatikan gambar berikut ini :














2. Fungsi dari komponen suspensi yang ditunjukkan oleh nomor 3 dari gambar di atas adalah….
a. sebagai sumbu putaran roda pada saat kendaraan membelok
b. menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke boby kendaraan
c. menyerap goncangan
d. mengurang kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan membelok
e. melindungi komponen –komponen suspensi pada saat pegas mengerut.

3. komponen suspensi yang berfungsi mempertahankan posisi lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan atau dorongan pada saat terjadi pengereman pada gambar diatas ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

4. Di bawah ini adalah tipe-tipe pegas yang biasa digunakan pada kendaraan penumpang, kecuali….
a. coil spring c. leaf spring e. pegas hidropneumatis
b. shock absorber d. torsion bar spring

5. Karakteristik pegas:
a. Langkah pemegasan panjang
b. Tidak dapat meredam getaran sendiri
c. Tidak dapat menerima gaya horisontal (perlu lengan-lengan)
d. Energi beban yang diabsorsi lebih besar daripada pegas daun
e. Dapat dibuat pegas lembut
Tipe pegas yang memiliki karakteristik di atas adalah…
a. coil spring c. leaf spring e. pegas hidropneumatis
b. shock absorber d. torsion bar spring

6. Pegas yang bekerja berdasarkan prinsip puntiran adalah…..
a. coil spring c. leaf spring e. pegas hidropneumatis
b. shock absorber d. torsion bar spring

7. Komponen system suspensi yang berfungsi sebagai sumbu putaran roda pada saat membelok adalah….
a. ball joint c. bumper e. torsion bar
b. strut bar d. stabilizer

8. Gerakan kendaraan yang terjadi ketika kendaraan melalui jalan yang bertonjolan atau lubang. atau terjadi pada kendaraan yang pegasnya lemah yang mengakibatkan kendaraan Mengangguk / bodi berputar mengelilingi sumbu Y di sebut…..
a. Bounching c. pitching e. a,b,c,d benar
b. Rolling d. yawing





9. Karakteristik system suspensi :
1. Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
2. Konstruksi agak rumit
3. Pegas dapat dikonstruksi lembut
4. Gerakan salah satu roda mempengaruhi roda lain
5. Perawatan lebih mudah
Yang bukan termasuk karekteristik system suspensi rigid adalah…….
a. 1, 3, 5 c. 3, 5 e. 1, 2, 3
b. 1, 4, 5 d. 3, 4, 5
10. Berikut ini adalah jenis system suspensi yang biasa di gunakan untuk roda belakang, kecuali….
a. tipe double wishbone c. tipe macpherson e. tipe semi trailing
b. tipe 4 link d. tipe pegas daun parallel

essai
1. Jelaskan fungsi dari system suspensi !
2. Bagaimanakah cara kerja dari shock absorber? Bila perlu jelaskan dengan gambar.
3. Jelaskan kelebihan dari suspensi independent daripada suspensi rigid!
4. Dilihat dari segi konstruksi, apa yang membedakan secara pokok antara suspensi independen type Mac. Pherson dengan suspensi independen type wishbone?
5. Berikan penjelasan tanda – tanda yang mudah atau sering terjadi pada kendaraan jika peredam getaran sudah tidak berfungsi/mati!

0 komentar: