Minggu, 29 Januari 2012

MERAWAT SISTEM PENGAPIAN

Kinerja sistem pengapian sangat besar pengaruhnya terhadap kesempurnaan proses pembakaran didalam silinder, dengan sistem pengapian yang baik akan diperoleh performa mesin optimal dan pemakaian bahan bakar yang hemat. Agar kinerja sistem pengapian selalu dalam kondisi baik maka sistem ini perlu dirawat dengan baik. Perawatan sistem pengapian dengan cara membersihkan, melumasi dan menyetel komponen atau sistem. Komponen sistem pengapian yang cepat kotor adalah busi, platina, ujung rotor dan terminal pada tutup distributor. Bagian tersebut perlu diperiksa dan dibersihkan kotorannya dengan amplas. Bagian sistem pengapian yang perlu pelumasan adalah nok dan rubbing block, poros nok dan centrifugal advancer. Penyetelan sistem pengapian meliputi penyetelan celah busi, celah platina atau besar sudut dweel, penyetelan saat pengapian. Antara celah platina dan sudut dweel dapat dilakukan salah satu. Penyetelan sudut dweel lebih akurat dibandingkan penyetelan celah platina, karena dweel tester lebih akuran dibandingkan feller gauge. Bagi pemilik kendaraan perawatan dapat dilakukan sendiri dengan alat yang terdapat pada kelengkapan kendaraan. Alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan perawatan antara lain: 1. Bahan : Grease, amplas 2. Alat : Kunci busi, kunci ring 10, 12, 19, obeng (+) dan obeng (-), feeler gauge, lampu 12V dengan dua kabel, multimeter. Selain alat tersebut, pada bengkel yang baik menggunakan beberapa alat: diantaranya: Tester Spark Plug Cleaner , Spark plug gauge , Tune up tester , Timing tester dan condenser tester. a. Tester Spark Plug Cleaner alat untuk membersihkan dan memeriksa busi. b. Spark plug gauge untuk mengukur dan menyetel celah busi. c. Tune up tester untuk mengukur putaran dan sudut dweel. d. Timing tester untuk mengetahui saat pengapian. e. Condenser tester untuk memeriksa kapasitas kondensor

0 komentar: