Minggu, 20 Mei 2012

CARA PENULISAN ILMIAH / LAPORAN KERJA PRAKTEK


BAB I  Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan pokok persoalan. Terdiri dari :
§    Latar Belakang Masalah
Menguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang bersangkutan.
§    Batasan Masalah
Memberikan batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji dan bagian mana yang tidak.
§    Tujuan
Menggambarkan hasil – hasil yang diharapkan dari kerja praktek ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang dibahas.
§    Metode Penulisan
Menjelaskan cara kita melaksanakan kegiatan ini, mencakup cara kita melakukan pengumpulan dan cara analisa data yang kita perlukan.
Jenis – jenis Metoda Penulisan :
-            Studi Pustaka
Pada metode ini semua bahan diambil dari buku – buku atau jurnal
-            Studi Lapangan
Pada metode ini data diambil langsung di daerah pengamatan.
§    Sistematika Penulisan
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Laporan Kerja Praktek.

BAB II Tinjauan Umum Proyek
§               Menguraikan pengertian organisasi perusahaan yang diikuti  dan manajemen kantor, aspek kontraktual dan administratif, prosedur pelelangan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan proyek, pengendalian kualitas dan jadwal tanggung jawab serta etika profesional.

BAB III Tinjauan Khusus Proyek
§    Menguraikan data-data  proyek, administratif proyek, organisasi proyek, dan data –data mengenai  bagian bangunan yang diamati.

BAB IV  Analisa dan Pembahasan Proyek
§    Bagian ini dapat terdiri dari :
1.      Menguraikan hasil pengamatan yang mencakup semua aspek yang terkait dengan pengamatan.
2.      Menjelaskan tentang keterkaitan antar faktor – faktor dari data lapangan yang diperoleh dan membahas masalah – masalah yang diajukan.

BAB V  Kesimpulan dan Saran
1.      Kesimpulan, Memberikan jawaban terhadap masalah yang diajukan penulis
2.      Saran – saran kepada pihak – pihak yang terkait sehubungan dengan hasil penelitian

Bagian Akhir
1.             Daftar Pustaka, menuliskan seluruh pustaka yang digunkan dalam penulisan
2.             Lampiran, penjelasan tambahan dapat berupa urian, program, gambar, foto, perhitungan-perhitungan, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.
3.             Harus dilampirkan daftar absensi  :

§    Asistensi Pembimbing minimal 4 kali

§    Kedatangan di proyek dengan tanda tangan Pembimbing Kerja Praktek di Lapangan dan cap / stempel perusahaan yang diikuti

0 komentar: