- Mendorong keinginan
belajar siswa
Perasaan pelajar terhadap mata
pelajaran atau materi yang akan dipelajari sangat mempengaruhi hasil
pembelajararan baik dari jumlah yang dipelajari maupun kedalaman
pembelajarannya. Dalam rangka meningkatkan kualitas belajar siswa maka sangat
perlu menjaga perhatian siswa terhadap pelajaran dan bagaimana menjaga agar ada
semangat untuk belajar. Pada kenyataannya ingin belajar saja tidak cukup kalau
tidak diikuti dengan tindakan untuk melakukan belajar itu sendiri. Oleh karena
itu dalam rangka menyiapkan untuk mengajar guru harus melakukan hal-hal sebagai
berikut
- Menarik/mempertahankan
Perhatian siswa
Sebenarnya memang sulit untuk
mempertahankan perhatian siswa karena banyak hal yang akan menjadi distraktor
perhatian siswa, dari yang ada pada diri siswa sampai yang dating dari sekitar
siswa. Namun demikian sebagai pendidik yang bertugas membantu siswa untuk
belajar maka usaha untuk mempertahankan perhatian siswa tetap harus diusahakan.
Ada beberapa
hal yang dapat diusahakan untuk
mempertahankan perhatian siswa dalam pembelajaran.
1)
Kenalkan
materi pembelajaran dengan pertanyaan yang meningkatkan interes siswa.
2)
Displaykan
hasil belajar dan tanyakan pertanyaan yang mterkait dengan produk
3)
Kembangkan
diskusi kecil antar siswa
4)
Gunakan
alat Bantu pembelajaran
5)
Gunakan
tulisan untuk memfokuskan perhatian
6)
Ceritakan
pengalaman personal untuk menarik perhatian
7)
Jelaskan
situasi dimana kompetensi itu dibutuhkan dan ditanyakan pada siswa apa yang
akan terjadi jika mereka tidak bisa melakukan.
- Mengembangkan minat
Apabila siswa sudah mau memperhatikan
maka guru harus membawa para siswa agar menjadi tertarik pada subjek yang
dipelajari. Cara ini dilakukan selama proses belajar mengajar melalui presentasi dan kegiatan yang lain
dalam pembelajaran ini. Beberapa dapat dilakukan untuk mengembangkan minat
siswa yakni:
1)
Menggunakan
metode yang bervariasi sehingga tidak monoton. Berbagai metode bias digunakan
termasuk membuat aktivitas yang melibatkan siswa sehingga tertarik.
2)
Kendalikan
wktu penggunaan setiap metode jangan sampai terjadi kebosanan
3)
Usahakan
siswa tidak nganggur tanpa melakukan suatu apapun karena akan menghilangkan
minat belajar
4)
Buat
semua jelas apa yang harus dilakukan dan cara melakukannya
5)
Bantu
siswa untuk melihat applikasinya
6)
Membetulkan
kesalahan yang diperbuat siswa tanpa membuat siswa tersinggung.
- Mempertahankan
semangat untuk belajar
Perhatian dan minat saja tidak akan
mampu membuat siswa untuk belajar dengan sungguh sungguh atau mau belajar oleh
karena itu mesti ada usaha agar siswa belajar dan menguasai kompetensi yang
dipelajari tersebut. Satu hal yang perlu diingat bahwa seseorang akan belajar
dengan sungguh-sungguh bila apa yang dipelajari itu menarik dan bermakna. Oleh
karena itu guru harus membuat apa yang dipelajari siswa itu bermakna, sehingga
menjadi sangat penting bagi guru untuk membawa anak didik agar merasa apa yang
dipelajari ini bermanfaat baik sekarang ataupun untuk masa yang akan dating.
Termasuk kemampuan yang dibutuhkan untuk hidup bahagiadimasa yang dating
Dalam rangka meningkatkan dan
mempertahankan minat dan semangat belajar ada beberapa syaran yang perlu
diperhatikan.
1)
Buatlah
tujuan yang harus dicapai oleh siswa yang mungkin dicapai oleh siswa. Namun
demikian tidakboleh membuat tujuan yang terlalu mudah sehingga tidak
menimbulkan semangat bagi siswa, atau terlalu sulit yang hamper tidak mungkin
dapat dicapai oleh siswa.
2)
Berikan
tugas kepada siswa yang tidak memerlukan waktu yang terlalu panjang untuk
menyelesaikan, sehingga mereka merasa berkembang dan dapat diamati
perkembangannya
3)
Berikan
proses ataupun sarana sehingga siswa dapat mengecek keadaannya sendiri apakah
dia melakukan dengan benar atau tidak
4)
Beri
kesempatan untuk bekerja sama dan biarkan mereka saling menolong karena yang dapat
membantu temannya belajar atau menyelesaikan tugas akan mendapatkan kepuasan
5)
Berikan
kesempatan kepada siswa untuk berbeda dalam menyelesaikan tugasnya asal tidak
menyalai aturan yang ada serta kaidah yang berlaku.
6)
Berikan
penekanan yang berupa dukungan terhadap kegemaran siswa yang terkait dengan apa
yang dikerjakan dalam kelas sesuai pelajaran yang sedang berlangsung.
- Menyiapkan Lesson plan
Kebanyakan guru yang sukses dalam
mengajarnya selalu menyiapkan rencana pembelajaran yang dapat digunakan sebagai
acuan dalam proses pembelajaran. Rencana pelajaran dapat dibuat sederhana atau
dibuat yang panjang dan komplek, namun apabila tidak dibuat sederhana maka guru
cenderung malas untuk membuatnya. Persiapan mengajar ini berguna untuk :
a. Menjamin bahwa pelajaran
diberikan dengan urutan yang logis sehingga semua hal penting diajarkan oleh
guru
b. Menjaga minat dan interes
siswa sehingga keberhasilan belajar lebih tinggi
c. Penekanan pertanyaan dapat
terjaga
d. Savety point tidak
terlupakan.
- Menuliskan kompetensi
yang akan diajarkan kepada siswa yang biasanya dikembangkan dari kurikulum
- Memotivasi dan
menumbuhkan siswa untuk belajar pada awal pembelajaran. Langkah apa yang
akan diambil dalam kegiatan ini perlu disiapkan dengan tertulus.
- Menuliskan daftar alat
dan bahan atau alat Bantu pembelajaran yang akan digunakan.
- Menyipkan daftar teaching point atau kegiatan
pembelajaran
- Bagaimana scenario
pembelajarannya
- Rencana tugas bagi
siswa
- Daftar rencana
pertanyaan yang akan disampaikan selama pembelajaran
- Daftar singkat
evaluasi yang direncanakan untuk mengukur kompetensi siwa
- Bahan yang digunakan
untuk tes
- Rencana mengukur
kompetensi yang sudah dimiliki siswa sebelum pelajaran dimulai
0 komentar:
Posting Komentar