PENDAHULUAN
Dewasa ini
perkembangan industri dibidang otomotif
berkembang sangat pesat. Para produsen
saling berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang lebih maju, lebih
ekonomis, lebih praktis dan yang pasti mampu menarik para konsumen untuk
menggunakan atau membeli produk tersebut. Inovasi yang dihasilkan tersebut mulai
dari performa mesin yang lebih bagus, bentuk body kendaraan, bahan penyusun
bodi kendaraan sampai dengan assesoris-assesoris yang dipasang pada mobil
tersebut.
Bahan penyusun
bodi kendaraan merupakan salah satu hal yang ditingkatkan oleh para produsen
untuk menarik para konsumen. Chrysler adalah salah satu produsen kendaraan yang
telah mengembangkan bahan penyusun bodi dengan menggunakan komposit yang
disebut dengan CCV atau Chrysler Composite Concept Vehicles. CCV ini merupakan
kendaraan yang terbuat dari material yang sangat berbeda dengan kendaraan pada
umumnya. Bahan penyusun bodi kendaraan chrysler ini seluruhnya terbuat dari
bahan plastik yang dirancang sebagai pengganti konstruksi bodi yang terbuat
dari besi
Berbagai
keuntungan yang didapat dari chrysler ini adalah konstruksinya yang ringan dan
membutuhkan biaya produksi yang lebih murah dari kendaraan pada umumnya. Dari
segi kekuatan konstruksi, bahan plastik ini juga memiliki kekuatan yang cukup
besar yang layak digunakan untuk sebuah bodi kendaraan.
PEMBAHASAN
Kendaraan dari chrysler ini sebenarnya sama dengan
kendaraan-kendaraan pada umumya, akan tetapi dengan melihat bentuk bodinya kita
akan tahu bahwa kendaraan ini memiliki perbedaan. CCV ini sepenuhnya terbuat
dari plastik. Chrysler berharap CCV akan menawarkan sebuah generasi baru
kendaraan ringan, mobil dengan plastik daur ulang yang murah dan memiliki
konsumsi bahan bakar yang efisien.
Kemajuan
Teknologi yang membuat CCV dapat diwujudkan
CCV dapat diwujudkan
apabila berdasarkan pada 2 kemajuan yaitu :
- pengembangan
dari riset tentang polimer Tricona bagian dari Hoescht yang membawahi
tentang polimer
- perkembangan
terkini dari teknologi cetakan yang dapat menghasilkan panel pada
kendaraan tanpa adanya penyimpangan.
Keuntungan
desain CCV
Chrysler dan timnya yang
mendesain CCV sangat sukses di negara yang menciptakan ide ini. Konsep CCV
dapat mengurangi biaya produksi hingga 50 persen dari mobil yang sejenis. Ini
disebabkan karena plastik yang digunakan dapat diperoleh dari proses daur ulang
plastik dari kendaraan sebelumnya. CCV ini dapat dirakit lebih cepat yaitu
kira-kira selama 6,5 jam, dibandingkan dengan mobil pada umumnya yaitu
memerlukan waktu perakitan sekitar 19 jam.
Berat
dan Kekuatan
Bodi plastik CCV mampu
mengurangi bobot kendaraan. CCV memiliki berat 1200 pon kurang lebih setengah
dari berat besi yang bentuknya sama. Disamping mampu mengurangi berat CCV juga
aman dan kuat. Pada tes beban putar CCV mampu maksimal. CCV ini dapat bertahan
hingga 1800 putaran, hampir sama dengan 100.000 mil perjalanan saat konsisi
beban penuh
Pemilihan
Bahan
CCV mempunyai sifat fisik
yang merata dan memiliki penampilan yang baik. Bagian rangka menggunakan PET
resin dari Ticona yang dikembangkan untuk kendaraan. Desain ini memberikan
kekuatan, kepadatan, daya bentur yang bagus dan mudah dicetak.
Pengembangan
Material
Pengembangan CCV melalui 6
fase yang memerlukan waktu 18 bulan. Pada sepertiga fase awal ditambahkan
elemen untuk kepadatan bahan dan ketahanan terhadap benturan. Pada sepertiga
yang akhir ditambahkan kemampuan cetak sifat resin
Harga
Material
Harga CCV yang rendah
disebabkan karena penggunaan resin untuk bahan dasarnya. Bahan ini lebih murah
dari komposit yang digunakan pada mobil umum
Pencetakan
Teknologi pencetakan
merupakan kunci untuk pembuatan CCV. Cetakan yang digunakan ini lebih besar 3
kali dari cetakan plastik lainnya. Bodi dicetak dalam waktu 3 menit. Proses
pencetakan dengan 10-15 waktu pengisian. Untuk mendapatkan pengisian yang
merata, sinner bekerja berdasarkan cascade
dan pembuat cetakan membuat gate yang
luas
Penyimpangan
Komponen
Pengontrolan penyimpangan
yang cukup baik untuk menghasilkan body-fit
standar merupakan kunci proses pembuatan dalam pencetakan body yang akan
dibuat. Salah satu proses pengontrolan adalah pada proses pengisian cetakan,
untuk part yang besar disusun dari beberapa bagian kecil komponen yang
masing-masing dapat mencair dan merata kesemua bagian cetakan kesemua bagian
cetakan komponen yang besar.
Toleransi
Komponen
Tim riset dengan teliti memfokuskan
pada upaya perencanaan bodi. Hal ini bertujuan untuk mengantusipasi toleransi
tertutupnya pembukaan pintu (pintu dapat dibuka dan ditutup dengan mudah)
dimana pada proses ini sangat diperlukan ketelitian yang cukup tinggi.
Tahap
Pengembangan Selanjutnya
Pada masa depan
pengembangan resin menjadi kunci dalam proses pengembangan. Hal ini membutuhkan
proses pencetakan sebaik mungkin sehingga menghasilkan komponen yang
berkualitas tinggi secara terus-menerus. Selain itu juga masih didapat
kemungkinan cetakan berwarna dan pengembangan kerja sama dengan lembaga lain
untuk hasil yang lebih baik.
PENUTUP
Dengan
berkembangnya teknologi otomotif terutama dalam hal bodi kendaraan, dituntut
kepada para produsen agar lebih berlomba untuk menciptakan suatu inovasi dan
terobosan tentang hal-hal yang baru didunia otomotif. Dengan diciptakannya
inovasi baru ini diharapkan lebih meningkatkan atmosfer tentang dunia otomotif
kepada masyarakat umum terutama kepada masyarakat indonesia .
0 komentar:
Posting Komentar