Contoh 1
Dari tinggi badan kelas 2a dan2b dihasilkan data sebagai berikut:
Kelas 2a : 30,40,41,46,40,41,41,50,43,45
Kelas 2b : 43,51,54,58,55,37,57,60,60,39
Hipotesis : ada perbedaan yang signitifikansi
antara nilai kelas 2a dan 2b
Pembuktian hipotesis tersebut :
x1
|
x2
|
x12
|
x22
|
30
|
43
|
900
|
1849
|
40
|
51
|
1600
|
2601
|
41
|
54
|
1681
|
2916
|
46
|
58
|
2116
|
3364
|
40
|
55
|
1600
|
3025
|
41
|
37
|
1681
|
1369
|
41
|
57
|
1681
|
3249
|
50
|
60
|
2500
|
3600
|
43
|
60
|
1849
|
3600
|
45
|
39
|
2025
|
1521
|
|
|
|
|
Untuk nilai ttabel
pada µ = 5 %, db = 2n – 2 = 2(10) – 2 = 18 ttabel
= 1.734
Ternyata thitung
< ttabel à-1,697<
1.743
Maka ada perbedaan
yang signitifikansi antara x1 dan x2
Jadi Ho : x1
= x2 (diterima)
Contoh 2
Di kelas 2a dan 2b
akan dilakukan penelitian ortopedi menambah tinggi badan murid
X1 ortopedi : 30,40,41,46,40,41,41,50,43,45
X2 ortopedi : 43,51,54,58,55,37,57,60,60,39
Hipotesis :Tidak ada perbedaan tinggi murid sesudah
ortopedi
Pembuktian hipotesis sebagai berikut :
x1
|
x2
|
D
|
d
|
d2
|
30
|
43
|
-13
|
-21.7
|
470.89
|
40
|
41
|
-1
|
-9.7
|
94.09
|
41
|
54
|
-13
|
-21.7
|
470.89
|
46
|
58
|
-12
|
-20.7
|
428.49
|
40
|
55
|
-15
|
-23.7
|
561.69
|
41
|
37
|
4
|
-4.7
|
22.09
|
41
|
57
|
-16
|
-24.7
|
601.09
|
50
|
60
|
-10
|
-18.7
|
349.69
|
43
|
60
|
-17
|
-25.7
|
660.49
|
45
|
39
|
6
|
-2.7
|
7.29
|
|
|
-87
|
|
3666.7
|
Untuk nilai ttabel pada µ = 5 %, db = n – 1 = 10 – 1 =
9 ttabel = 1.833
Ternyata thitung < ttabel à -2.135<1.833
Maka tidak ada perbedaan tinggi badan sesudah dan sebelum ortopedi
antara x1 dan x2
Jadi Ho : x1 = x2 (diterima)
0 komentar:
Posting Komentar